Search

+
tipe kecerdasan anak
Pelajari Yuk! Ternyata Tipe Kecerdasan Anak Beda-Beda

Salah besar jika Anda membandingkan sang buah hati dengan anak yang lain. Hal ini disebabkan tipe kecerdasan anak itu berbeda. Bisa jadi anak yang mendapatkan rangking di kelas itu memiliki kecerdasan yang beda dengan anak Anda.

Anda tidak perlu berkecil hati ketika anak tidak mendapatkan nilai yang bagus di sekolah. Bukan berarti anak Anda itu tidak cerdas. Setiap anak pasti dikaruniai kelebihan oleh Tuhan. Tugas Anda sebagai orang tua hanyalah mencari tahu apa kelebihan anak Anda.

Untuk itu, hal utama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui jenis kecerdasan anak. Temukan tipe kecerdasan apa yang dimiliki oleh anak lalu teruskah untuk mengembangkan kecerdasan tersebut.

5 Tipe Kecerdasan yang Orang Tua Perlu Ketahui

Kecerdasan dibagi menjadi beberapa macam. Hanya saja, yang paling mudah dipelajari ada 5 (lima).

  1. Kecerdasan Kinestetik

Apakah anak Anda lebih suka aktif bergerak daripada diam dan duduk di kursi dan belajar? Jika ya, kemungkinan besar ia memiliki kecerdasan kinestetik.

Anak dengan kecerdasan anak biasanya susah untuk diam. Ia lebih suka bergerak. Sayangnya, banyak yang memberikan label yang kurang baik dengan anak semacam ini. Ia dianggap susah diatur dan nakal karena di kelas anak dengan tipe kecerdasan ini susah untuk diminta diam dan duduk di bangku.

Jika anak Anda sepertinya memiliki kecerdasan kinestetik, arahkan agar anak menyukai hal-hal yang berhubungan dengan gerakan fisik. Ini bisa olahraga atau tari. Anda bisa coba masukkan ke berbagai kelas olahraga. Lalu perhatikan olahraga apa yang paling ia sukai. Kemungkinan besar di sanalah bakat anak Anda tersebut.

  1. Kecerdasan Lingusitik

Ini merupakan kecerdasan yang luar biasa yang berkaitan dengan bahasa. Pernah lihat anak kecil yang sudah menguasai lebih dari dua bahasa asing? Anak tersebut dikaruniai kecerdasan linguistik. Ia mampu dengan sangat mudah menguasai beberapa bahasa asing.

Biasanya, anak dengan kecerdasan linguistik ini juga jago dalam hal tulis menulis. Ia juga suka membaca serta bercerita.

  1. Kecerdasan Logika

Ini yang paling banya dijadikan patokan. Padahal, kecerdasan logika hanya satu di antara beberapa tipe kecerdasan.

Banyak yang menganggap anak yang nilai matematikanya tinggi itu adalah anak yang pintar. Tentu saja benar. Namun, kurang tepat jika menganggap anak yang kurang bagus di bidang hitung menghitung itu anak yang kurang cerdas. Yang tepat adalah anak yang jago hitung menghitung itu anak yang memiliki kecerdasan logika.

  1. Kecerdasan Musikal

Joe Alexander merupakan salah satu anak hebat yang dimiliki oleh Indonesia. Di usia yang masih belia, kemampuannya dalam memainkan piano sudah diakui dunia. Orang tuanya mengerti bahwa Joe memiliki tipe kecerdasan anak musikal.

Anak suka hal yang berbau musim memiliki kemampuan otak kanan yang lebih dominan dibandingkan dengan otak kiri. Hal tersebut membuat anak dengan kecerdasan musikal biasanya sangat emosional.

  1. Kecerdasan Interpersonal

Tidak semua anak memiliki kecerdasan interpersonal. Ini merupakan kecerdasan di mana anak mampu berbaur dengan orang lain. Sekalipun itu orang yang baru ia kenal. Anak juga mudah membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Dengan kata lain, anak dengan kecerdasan interpersonal adalah anak yang banyak disukai oleh banyak orang. Ini tipe anak yang mampu menjadi seorang pemimpin di masa yang akan datang.

Kira-kira, model kecerdasan apa yang dimiliki oleh sang buah hati Anda? Butuh waktu untuk mengetahui hal tersebut. Yang pasti, Anda harus benar-benar memperhatikan perkembangan anak dengan seksama. Karena dengan cara inilah Anda akan mengetahui di mana kecerdasan anak. Lalu, Anda bisa fokus untuk mengembangkan kecerdasan tersebut.

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Yang menjadi PR terbesar Anda sebagai orang tua adalah meningkatkan kecerdasan anak. Bagaimana caranya?

Tentu saja caranya harus disesuaikan dengan jenis kecerdasan anak Anda sendiri. Jika anak pintar dalam hal musik, tidak ada salahnya Anda masukkan ke kelas musik. Jika anak menonjol dalam hal logika dan matematika, Anda bisa masukkan ke kelas coding anak. Ini merupakan kelas di mana logika anak Anda akan terasah dengan sangat baik dan cepat. Karena di dalam kelas ini, logika anak akan terus dibangun. Anak dipacu untuk memahami logika coding.

Itu saja? Tentu tidak. Di kelas coding, anak akan menghasilkan sebuah karya. Biasanya, anak akan mengaplikasikan kemampuan coding dan logikanya untuk membuat sebuah game sederhana. Diharapkan anak akan terus mengembangkan kemampuan tersebut. Sehingga suatu saat nanti anak mampu membuat game yang lebih hebat atau membuat aplikasi yang bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Yang harus Anda lakukan sekarang adalah mencari kecerdasan apa yang diberikan oleh Tuhan untuk sang buah hati. Anda bisa melakukan pencarian mulai sekarang. Lalu, Anda arahkan anak untuk mengembangkan kecerdasan tersebut.

Sudah tidak zamannya lagi orang tua memaksa anak untuk menguasai semua mata pelajaran di sekolah. Sekarang, semuanya harus spesial. Anak harus menjadi orang yang benar-benar ahli di bidang tertentu. Itu yang dibutuhkan saat ini dan juga nanti ketika ia dewasa.

Anda tidak perlu berkecil hati jika anak mendapatkan nilai jelek di sekolah. Atau anak mendapatkan rangking paling bawah. Bisa saja kecerdasan dan bakat anak tidak ada kaitannya dengan mata pelajaran di sekolah tersebut. Gali dan temukan tipe kecerdasan dalam diri anak Anda.

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan