Search

+
instagram live
Pssst! Ini Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Instagram Live

Para ahli markerter mengatakan bahwa cara terbaik untuk mendapatkan pengikut setia di media sosial adalah dengan engagement, keterlibatan followers, dan Instagram Live memungkinkan Anda melakukan hal itu. Dengan fitur siaran langsung ini, Anda tidak hanya dapat berinteraksi dengan pengikut yang ada tetapi juga menarik orang yang baru. Inilah yang menjadikan Instagram Live alat yang luar biasa untuk merek yang ingin terhubung dengan audiens mereka secara spontan dan pribadi.

Keuntungan dari Instagram Live

Apa yang membuat Instagram Live lebih baik daripada memposting video di Instagram Stories adalah interaksi waktu nyata yang dapat Anda miliki dengan audiens Anda, kolom komentar bisa Anda gunakan untuk menyapa, bertanya, dan mengirim mereka reaksi yang dapat Anda tanggapi. Pemirsa Anda tidak terbatas pada pengikut dan orang yang Anda undang, karena pengguna Instagram lainnya juga dapat menemukan video langsung teratas pada tab Jelajahi, sehingga Anda dapat memperluas jangkauan Anda dan meningkatkan kemampuan pencarian Anda.

Laporan menunjukkan bahwa video langsung lebih menarik bagi pemirsa di sebuah brand. Faktanya, 80% lebih suka menonton video langsung dari merek daripada membaca blog dan 82% lebih suka menonton video langsung daripada melihat posting media sosial. Dengan 1 miliar pengguna Instagram di seluruh dunia, bayangkan seberapa besar target pasar yang dapat Anda jangkau dengan menjadi tuan rumah sesi langsung di Instagram.

Cara Memulai Video Siaran Langsung

Mulailah dengan mengetuk ikon kamera di kiri atas umpan Instagram Anda atau foto profil Anda tepat di bawahnya. Anda juga dapat menggesek ke kanan. Selanjutnya, pilih opsi “Live” lalu klik tombol “Start Live Video”. Akan ada hitungan mundur tiga detik setelah itu Anda dapat memulai siaran langsung dan melanjutkan streaming hingga satu jam.

Tips untuk Hosting Siaran yang Berhasil

Punya Rencana dan Tujuan

Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dari siaran langsung dan rencanakan konten Anda. Ini harus menjadi sesuatu yang hanya dapat diperoleh oleh audiens Anda dari live video, seperti pengungkapan produk, pengumuman promo gratis, atau sesi tanya jawab, sehingga pemirsa Anda akan termotivasi untuk mendengarkan. Akan lebih baik untuk membuat garis besar, jika Anda rencanakan untuk siaran langsung selama 30 menit atau lebih. Ingatlah bahwa ada batasan satu jam untuk video Instagram Live, jadi jika Anda berencana untuk membahas beberapa topik, memiliki outline atau garis besar sebuah topik akan membantu memastikan bahwa semua yang ingin Anda bicarakan dibahas.

Promosikan Sesi Siaran Langsung Anda

Mempromosikan sesi siaran langsung Anda terlebih dahulu akan membantu Anda untuk mendapatkan pemirsa terbanyak, jadi umumkan ini di Instagram Story Anda, publikasikan pos di semua akun media sosial Anda, dan bahkan kirim email ke milis Anda. Paling tidak, Anda harus memberi tahu pengikut Anda tentang siaran langsung Anda sekitar satu minggu sebelum siaran yang dijadwalkan, kemudian mengirimkan pos pengingat sehari sebelumnya, dan satu jam lagi sebelum ditayangkan. Tambahkan tagar yang relevanuntuk mengoptimalkan jangkauan Anda.

Merekam Video Percobaan

Jika Anda belum pernah melakukan sesi langsung sebelumnya, sebaiknya merekam video uji coba untuk memastikan suara dan kualitas video Anda. Pilih tempat yang sunyi untuk memaksimalkan kualitas suara dan menyenangkan secara visual, dengan latar belakang sederhana yang tidak akan mengganggu pemirsa Anda.

Setelah menemukan lokasi yang bagus untuk siaran Anda, Anda dapat mulai merekam video uji Anda. Setelah merekam, periksa pencahayaan dan kualitas suara di video. Jika Anda terlihat terlalu terang atau terlalu gelap dalam video percobaan, Anda mungkin harus menyesuaikan pencahayaan atau menemukan area lain.

Jika Anda tidak dapat mendengar suara Anda dengan baik, berlatihlah berbicara sedikit lebih keras, untuk memastikan bahwa audiens Anda dapat membuat pesan Anda keras dan jelas. Juga memperhatikan bahasa tubuh Anda.Pastikan Anda tampil percaya diri dan santai pada saat yang sama, sehingga pemirsa Anda akan terpikat untuk terus menonton sesi langsung Anda.

Berinteraksi dengan Penonton Anda

Ingatlah bahwa tujuan utama Anda untuk ditayangkan di Instagram adalah untuk terlibat dengan audiens Anda dan membangun koneksi dengan mereka. Jangan hanya melakukan monolog, dan pastikan Anda mengakui komentar pemirsa Anda dan menanggapi beberapa (jika tidak semua) pertanyaan dan komentar mereka. Anda bahkan dapat memulai percakapan dengan meminta umpan balik dari mereka.

Hadiah untuk Penonton

Cara terbaik untuk memotivasi pengikut Instagram Anda untuk mendengarkan sesi langsung Anda adalah dengan memberi mereka hadiah. Anda dapat memberi mereka kode kupon khusus, tautan ke e-book gratis Anda, atau memilih secara acak dari audiens Anda dan mengirimkan sampel produk Anda kepada mereka. Biarkan pengikut Anda tahu apa yang ada di toko ketika mereka mempromosikan sesi live Anda terlebih dahulu. Dan beri tahu pemirsa Anda selama siaran bahwa akan ada lebih banyak hal yang menarik dalam video langsung Anda berikutnya. Anda akan terkejut melihat berapa banyak audiensi yang akan Anda miliki.

Apa yang Harus Dilakukan Pasca Siaran

 Tidak semua pengikut setia Anda dapat mendengarkan sesi langsung Anda, bahkan jika Anda telah mempromosikan ini jauh sebelum jadwal siaran Anda. Mereka bisa sibuk dengan pekerjaan atau sekolah, memiliki komitmen sebelumnya, atau berasal dari zona waktu yang berbeda. Tetapi itu tidak berarti bahwa Anda hanya akan membiarkan mereka melewatkan semua kesenangan.

Simpanlah instagram live Anda untuk followers yang belum menonton. Tapi, sesekali boleh lah Anda mencoba untuk hal yang lebih esklusif untuk followers Anda. Sehingga, mereka juga tidak akan ketinggalan untuk menyapa Anda di waktu yang sama.

Jika Anda telah mengumumkan sesuatu yang penting dalam sesi langsung Anda, Anda dapat membiarkan semua pengikut Anda mengetahuinya melalui pos atau Instagram story. Juga baik untuk mengingatkan mereka untuk mengaktifkan notifikasi push agar mereka tidak ketinggalan sesi live Anda berikutnya.

Menayangkan siaran langsung di Instagram adalah cara yang menyenangkan dan menarik untuk menumbuhkan followers Anda dan membangun hubungan yang lebih kuat. Jadi, jika Anda belum menggunakan fitur ini, Anda mungkin ingin memulai perencanaan untuk siaran pertama Anda. Pastikan untuk mencatat tips ini dan nikmati waktu Anda bersama audiens Instagram Anda!

 

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us