Search

+
fungsi hashtag
Sebenarnya apa sih Fungsi Hashtag?

Sadarkah Anda bahwa hashtag telah menjadi fenomena media sosial selama 10 tahun belakangan. Jarang sekali kita melihat postingan di media sosial tanpa simbol tanda pagar. Terutama di Twitter dan Instagram.

Kapan dan bagaimana tagar menjadi tren seperti itu?

Kemunculan awal sebuah tagar terjadi pada akhir 1990-an. Awalnya dikenal dengan istilah ‘the pound sign’. Ketika Internet Relay Chat (IRC) digunakan, tag digunakan untuk membuat dan mengategorikan grup.

Nah, penggunaan tanda pagar ini menggula ketika Chris Messina menulis tweet pada Agustus 2007 lalu. Ia menanyakan kepada pengikutnya:

“how do you feel about usig # (pound) for groups. As in #barcamp [msg]”

Seiring dengan penggunaan tagar yang semakin populer, platform sosial lain mengadaptasi penggunaannya. Sulit untuk membantah kesederhanaan dan efektivitas tagar. Ini mudah dibuat dan dicari. Tagar telah menjadi alat pemasaran yang luar biasa untuk bisnis, organisasi, selebriti, dan bahkan individu lainnya.

Saat memperkenalkan tagar ke Twitter, Messina bermaksud agar pengguna memilih untuk mengikuti tagar tertentu untuk melihat semua tweet yang ada di sana.

Tentu saja, sekarang pengguna dapat menyertakan tagar apa pun dan dapat dengan mudah mencari tagar dengan fitur pencarian Twitter. Lucunya, fitur yang baru-baru ini dirilis Instagram sebenarnya mirip dengan niat awal Messina.

Tak lama setelah merilis jajak pendapat Instagram Story Oktober lalu, dua bulan kemudian mereka juga memperkenalkan kemampuan bagi pengguna untuk mengikuti tagar. Selain itu, Anda dapat mengeklik hashtag di dalam kiriman atau mencari menggunakan hashtag di bagian Jelajahi di Instagram. Dengan mengikuti tagar, Anda sekarang bisa mendapatkan highlight tagar yang ditampilkan di newsfeed mereka, seperti halnya dengan akun yang Anda ikuti.

Jadi, mengapa tagar sangat penting?

Meskipun banyak lelucon dan sketsa lucu tentang terlalu sering menggunakan tagar. Jika digunakan dengan benar, tag tersebut benar-benar merupakan bagian integral dari pemasaran digital. Anda dapat mengikuti dan terlibat dengan tagar khusus untuk tetap diperbarui pada topik / tren saat ini,

Anda dapat membuat tagar Anda sendiri untuk mempromosikan produk atau layanan baru. Jika Anda masih tidak yakin tentang penggunaan tagar, kami telah menyoroti beberapa fungsi utama hashtag. Mengapa tagar sangat penting di Instagram. Jika Anda memiliki alasan lain mengapa tagar penting, pastikan untuk memberi tahu kami di komentar di bawah!

1. Persaingan

Seperti halnya bisnis apa pun, penting untuk mengetahui siapa pesaing Anda, apa yang mereka tawarkan, bagaimana mereka beriklan, sehingga Anda tahu apa yang membuat bisnis Anda menjadi pilihan yang lebih baik.

Instagram sangat membantu karena Anda dapat mencari nama bisnis lain dan hashtag apa pun yang mereka gunakan. Mempelajari informasi ini dapat membantu Anda mengukur respons audiens terhadap posisi pesaing Anda, memberi Anda pengetahuan tentang apa yang terbaik dan apa yang tidak bagi pemasaran media sosial Anda sendiri.

Selain itu, hashtag terus berubah dan berkembang. Apa yang pernah menjadi tagar populer hari ini, mungkin sudah usang besok. Mengikuti berita terkini dan tagar tren akan membuat merek Anda terlihat kredibel dan dapat dipercaya.

2. Branding dan Visibilitas

Menciptakan visibilitas yang baik akan meningkatkan keberhasilan branding Anda, dan sebaliknya.

Branding dan visibilitas pada dasarnya adalah penggunaan tagar yang paling efektif di Instagram. Jika Anda adalah pebisnis baru, Anda dapat menggunakan tagar untuk memperluas audiens Anda dan meningkatkan kesadaran merek.

Saat pengguna mencari merek Anda, mereka akan melihat tagar yang relevan yang Anda gunakan; atau ketika mereka mencari tagar tertentu, mereka akan melihat posting bermerek Anda di hasilnya. Ini biasanya menghasilkan pengikut baru dan pelanggan potensial.

Anda dapat membuat tagar sendiri untuk suatu produk, layanan, atau acara yang sedang dipromosikan. Hashtag juga mendorong pengikut dan pelanggan Anda untuk menggunakan tagar ketika mereka membeli atau menggunakan produk atau layanan.

Membuat tagar Anda sendiri atau memilih tagar dengan sedikit pengguna memberi perubahan untuk mendominasi tagar itu dengan merek Anda. Terus memasukkan tagar tersebut dalam posting Anda tidak hanya membantu meningkatkan visibilitas akun bisnis, hashtag juga akan membantu pengguna mulai mengaitkan bisnis Anda dengan tagar itu, selanjutnya membangun branding akun Anda.

3. Promosi

Salah satu alasan utama hashtag mendapatkan reputasi seperti itu di media sosial adalah karena kemampuan mereka untuk membantu pemasar dan bisnis membuat kampanye yang ditargetkan.

Menurut Tweetangels, “ketika datang ke promosi, anggap tagar sebagai metode ‘dari mulut ke mulut’.”

Dengan kata lain, ketika Anda memposting tentang promosi, maka pengikut Anda akan menggunakan tagar yang sama dan sebagainya. Tagar membuat visibilitas yang hebat untuk kampanye, dan membantu Anda menjangkau audiens target dengan menggunakan tagar yang relevan yang Anda tahu sudah diikuti audiens Anda.

Saat digunakan untuk mempromosikan suatu acara, tagar tidak hanya menghubungkan Anda dengan followers, tetapi juga pengikut Anda satu sama lain.

Kiat lain yang bermanfaat untuk menggunakan tagar untuk mempromosikan bisnis Anda adalah memasangkannya dengan promosi gratis. Adakan kontes foto di mana orang mengunggah foto mereka di bawah tagar yang ditentukan untuk memenangkan hadiah.

Pada bulan Februari, banyak bisnis menggunakan taktik ini untuk promosi Hari Valentine. Bisnis perhiasan memiliki kontes foto pasangan terbaik atau bagikan kontes kisah cinta terbaik Anda agar para pengikutnya dapat memenangkan produk gratis.

4. Aktivisme

Dengan seluruh dunia berada di ujung jari kita, mencari berita secara instan itu mudah. Karena itu, banyak gerakan politik membuat hashtag untuk tujuan mereka. Pada dasarnya hal ini bekerja seperti saat promosi acara.

Orang-orang menggunakan tagar untuk mengatakan mereka menjalankan acara penggalangan dana dan pengguna membagikan posting mereka sebelum, selama, dan setelah.

Cotohnya keberpihakan politik sebuah media massa yang disuarakan lewat media sosialnya. Beberapa tidak takut untuk berbagi pendapat tentang masalah politik. Dan banyak pelanggan yang loyal terhadap brand tersebut karena sikap politik mereka.

Jadi, tergantung pada merek Anda, mungkin bermanfaat untuk menggunakan tagar untuk menunjukkan dukungan Anda.

Meskipun lebih dari 10 tahun, sangat tidak mungkin kita akan melihat matinya tagar dalam waktu dekat. Dengan kemampuan bawaannya untuk mendapatkan visibilitas dan menjangkau jutaan pengguna di seluruh dunia, tagar adalah bagian penting dari setiap kampanye pemasaran yang sukses saat ini.

Sama halnya seperti yang iBiG Academy lakukan, pada sertiap postingan di Instagram kami selalu memakai tagar #DoBig #iBiGThink #ThinkBig dan #iBiGwin. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui rahasia berbisnis di media sosial, daftar sekarang untuk mengikuti kelas social media untuk entrepreneur atau professional. Hubungi langsung ke hello@ibigacademy.com atau hubungi langsung ke 0812 – 1177 – 8838 .

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us