Search

+
melatih-kecerdasan-otak-anak
Senangnya Berkenalan Dengan Anak Kecerdasan Interpersonal

Ramah dan supel adalah dua karakteristik anak-anak dengan kecerdasan interpersonal. Sejak pertama kali mereka memasuki kelas di iBiG Academy, mereka dengan cepat berbaur. Bahkan mereka tampaknya bosan bila tidak dikelilingi teman. Yuk cari tahu lebih lanjut cara mengenali dan melatih kecerdasan otak anak interpersonal.

Orang-orang menyebut anak-anak dengan kecerdasan interpersonal sebagai anak ekstrovert. Mereka bukan ekstrovert karena mereka ramah dan suka bergaul saja. Arti sebenarnya dari ekstrovert adalah mereka sangat bersemangat bila mereka dikelilingi teman-teman.

Mereka juga bisa berpikir dengan lebih baik ketika mereka belajar bersama-sama dengan anak-anak lainnya. Anak-anak interpersonal ini agak unik. Mereka tahu apa yang perlu mereka ketahui setelah mereka mendengar diri mereka ngomong. Dan lucunya orang-orang tertarik untuk meresponinya.

Mereka senang berdiskusi dan kerja kelompok. Mereka juga sangat mudah membujuk orang lain atau teman-teman timnya untuk bekerjasama.

 

Karakteristik anak-anak dengan kecerdasan interpersonal
  1. Mereka tertarik dengan orang-orang. Jadi mereka senang bertemu dan kenalan dengan orang-orang baru.
  2. Mereka berteman dengan mudah
  3. Mereka suka diperhatikan orang lain
  4. Mereka mampu membaca bahasa tubuh
  5. Mereka bisa menangkap mood dan intensi orang ain
  6. Mereka sering berpikir dengan melemparkan idenya ke orang-orang lain
  7. Mereka akan berbicara ketika mereka sedang bahagia
  8. Teman-teman pemilik kecerdasan interpersonal ini banyak
  9. Mereka mampu memotivasi anak-anak lain
  10. Mereka adalah pembawa damai

 

Anak-anak pemilik kecerdasan interpersonal ini selalu mengungkapkan hasil pemikirannya. Mereka suka terlibat dengan kegiatan sosial karena mereka peka terhadap kebutuhan orang lain. Kelemahannya adalah kemampuan mereka ini bisa membuat mereka tergoda untuk manipulasi orang-orang di sekitarnya. Untu itulah anak-anak ini butuh bimbingan dari orang tua.

Bila anak-anak dengan kecerdasan intrapersonal senang menyendiri, maka anak-anak berbeda. Mereka justru bisa stress ketika mereka menghabiskan waktu sendirian. Untuk itulah mereka perlu diberi kesempatan untuk pergi atau berkumpul dengan teman-teman sebayanya. Mereka tidak akan pernah bosan dengan interaksi terus menerus.

 

Cara praktis untuk bergaul dengan anak-anak yang kuat interpersonal
1. Ajaklah mereka berdiskusi

Anak-anak ini sangat senang berbicara. Jadi kita perlu memastikan kalau kita berbicara dan bukan menegur ketika mereka terlalu banyak bicara. Mereka perlu diyakinkan kalau kita menghargai kecerdasan dan kemampuan sosialnya.

Tetaplah bersabar ketika mereka bergumam ketika kita mengajaknya berbicara. Kita perlu mengingat ketika dia berbicara, dia sedang membantu dirinya untuk berpikir. Jangan mencoba untuk interupsi atau memotong perkataan mereka untuk memperbaiki. Selain itu hubungan yang baik akan memudahkan kita untuk berbicara dalam hidup mereka.

2. Memperhatikan kata-kata dan minta penjelasan

Ketika seorang ekstrovert menyampaikan sesuatu,tidak berarti mereka sudah berpikir dengan baik dan detil. Mereka hanya mengeluarkan isi pikiran mereka. Jadi kita perlu bertanya ke dia apakah dia hanya berpikir atau mereka akan melakukan sesuatu terhadap info yang mereka bagikan.

3. Bersabar

Anak-anak ekstrovert sering interupsi. Ketika kita berhenti berbicara sejenak, mereka sering mengira itu adalah undangan untuk berbicara. Mereka tidak bermaksud tidak sopan. Mereka hanya tidak mengerti gaya berbicara kita. Jadi kita perlu bersabar dan menginfokan ke mereka kalau kita belum selesai berbicara. Setelah itu kita bisa memberi mereka kesempatan berbicara.

4. Sering ajukan “menurutmu bagaimana?”

Kita bisa sering menanyakan opini mereka. Mereka akan sangat menghargainya ketika kita bertanya perasaan dan pemikiran mereka akan sebuah topik. Kadang kita bisa mendapatkan banyak informasi-informasi menarik lewat bercakap dengan mereka. Apalagi dia memiliki teman-teman yang beragam.

5. Menyediakan tempat yang aman bagi dia untuk bergaul

Anak-anak ini senang berkenalan. Mereka bisa ramah dengan orang asing. Jadi kita perlu mengajarkan tentang keamanan ber-internet, keamanan berbicara dengan orang asing dan lain-lain. Mereka perlu tahu cara membaca intensi-intensi yang tidak baik ketika mereka berkenalan dengan orang jahat. Setelah itu mereka perlu tahu cara meresponi atau bertindak bila mereka menghadapi situasi buruk.

6. Berikan mereka variasi

Anak dengan kecerdasan interpersonal bisa bosan dengan kegiatan yang panjang. Mereka membutuhkan proyek-proyek sederhana. Kita perlu pintar membagi proyek yang besar menjadi pecahan-pecahan kecil sehingga mereka mau mengerjakan dengan senang hati.

 

Metode melatih kecerdasan otak anak interpersonal
  1. Membuat kegiatan-kegiatan atau tugas-tugas yang memungkinkan anak-anak ini untuk berdiskusi dengan teman sekelompoknya. Setelah itu minta mereka untuk mengerjakan bagiannya masing-masing sesuai diskusi.
  2. Buatlah atau berikan sebuah cerita atau drama yang menarik dan memiliki penjelasan tentang materi pelajaran yang dibagikan. Cara seperti ini sangat efektif untuk mengajarkan pemilik intelengnsia bergaul
  3. Ketika kita memberikan tugas-tugas yang membosankan, kita bisa meminta dia untuk melakukannya bersama anak lainnya.
  4. Berikan mereka kesempatan untuk belajar dari orang lain. Misalkan dia melihat langsung proses pengerjaan keramik dari ahli keramik itu sendiri.
  5. Kita bisa memberikan mereka pertanyaan-pertanyaan dan mereka akan selalu senang menjawabnya
  6. Bila dia butuh belajar menulis, kita bisa mengarahkan dia untuk membuat tulisan tentang orang dibanding tempat atau acara
  7. Berikan mereka permain yang interaktif
  8. Hindari meninggalkan mereka sendirian dalam jangka waktu lama. Mereka tidak ada kemampuan untuk membuat diri mereka senang.
  9. Mengikutkan mereka ke dalam kursus seperti kursus coding anak. Mereka bisa bertemu dengan teman-teman baru dan lebih terasah lagi kemampuan sosial mereka. Selain itu, anak-anak ini juga sedang dipersiapkan untuk menghadapi perkembangan teknologi ke depannya dengan belajar konsep komputer.

 

Nah, sekarang Anda sudah tahu karakteristik dan cara melatih kecerdasan otak anak interpersonal. Mari kita bersama-sama membuat anak-anak tambah cerdas ya

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us