Search

+
pengertian-web-design
Serba Serbi Web Desain Yang Perlu Kamu Ketahui

Desain adalah sebuah proses mengkoleksi ide dan mengatur ide-ide tersebut dengan menggunakan kaedah tertentu untuk mencapai sebuah tujuan. Pengertian web design juga berdasar pada pengertian di atas. Kita membuat kreasi dengan tujuan mempresentasikan konten ke dalam halaman web. Alhasil orang-orang bisa mengaksesnya di internet baik di laptop maupun smartphone.

 

Ciri-ciri website yang bagus:
1. Website tersebut mudah diakses

Orang-orang banyak menggunakan smartphone untuk mengakses internet. Kita bisa melihat kalau sebuah website yang harus bisa tampil dan digunakan di handphone. Selain itu situs harus gampang diakses oleh semua orang.

Kita mengetahui kalau masing-masing orang memiliki spesifikasi laptop, smartphone dan kecepatan internet yang berbeda-beda. Sebuah situs yang bagus harus bisa mengakomodasikan semuanya itu sehingga pengunjung semakin banyak.

 

2. Information Architecture dan konten yang bagus

Sebuah website yang baik harus memiliki pengaturan informasi yang enak dibaca. Apalagi zaman sekarang sebuah situs bisa memiliki beragam konten untuk menarik perhatian calon pengguna. Jadi kita menatanya sedemikian rupa baik dari struktur maupun kategori.

Selain itu kita juga perlu memiliki konten. Saat ini pembaca kebanyakan melakukan fast reading dari semua poin-poin yang ada. Kalau mereka menemukan konten yang relevan, maka mereka akan membaca kontennya lebih detail. Makanya sebuah tulisan harus rapih, relevan dan enak dibaca. Dan setiap tulisan perlu memiliki struktur seperti heading, subheading, paragraf dan daftar agar mereka bisa membaca tulisan dengan cepat.

Pada saat membuat arsitektur dan konten yang bagus pastikan kita memposisikan diri sebagai pengguna.

 

3. Konsistensi antar semua browser

Jenis browser sangatlah banyak. Firefox, Chrome, Internet Explorer, Opera dan lain sebagainya. Sekalipun browser di zaman ini sudah banyak berkembang dan lebih efisien, namun mereka sering tidak konsisten dalam interpretasi coding di situs. Jadi kita perlu memastikan situs kita bekerja dengan baik di semua browser yang digunakan kebanyakan orang.

 

4. Pemilihan warna yang tepat

Pemilihan warna antara latar dan huruf perlu kontras sehingga memudahkan orang-orang untuk membaca isi kontennya. Dua warna yang paling kontras adalah hitam dan putih. Tapi tentunya kita ingin memilih warna yang berbeda.

 

5. Load yang cepat

Tidak ada hal yang paling cepat membuat seorang pengguna meninggalkan situs selain loading yang lama. Saat ini rata-rata waktu ornag meninggalkan situs adalah 4-6 detik. Sekalipun mereka bisa lebih cepat meninggalkannya karena kesibukan mereka.

Kita perlu memastikan kecepatan load situs kita dengan berbagai tools gratis di internet. Rata-rata plugins dan widget adalah masalah utamanya. Jadi kalau perlu memasanganya, pastikan plugin atau widget itulah yang paling kita butuhkan.

 

6. Navigasi yang efektif

Navigasi yang bagus adalah salah satu persyaratan sebuah situs dinyatakan nyaman digunakan. Menu HTML dan Javascript biasanya sangat bagus digunakan dalam menghasilkan tampilan yang konsisten antar browsers dan platforms.

Kita juga perlu meminimalisir terlalu banyak menu yang ditampilkan. Kita bisa mengakalinya dengan drop down menu. Bila ingin navigasi lebih baik, silahkan menggunakan DHTML dan Javacript seperti Motools dan Ajax.

 

7. Jago mengatasi dan deskripsi error

Kita perlu mengatasi dan deskripsi error di tampilan antar muka situs dengan baik. Cara penanganannya yang benar akan mengurangi error dan memudahkan pengguna untuk mengetahui tindakan apa saja yang tidak boleh dilakukan.

 

8. Mengikuti kaedah web design

Sebuah website yang mengikuti kaedah-kaedah web design adalah website yang paling bisa diandalakan. Mereka juga memastikan situs akan load lebih cepat dan konsisten bisa digunakan di berbagai browser dan perangkat lainnya. Dia juga mempermudah penemuan masalah dan memperbaikinya.

 

9. Form yang mudah digunakan

Bagi situs-situs e-commerce atau yang membutuhkan data-data pengguna, form tentulah sangat penting. Untuk itulah sebuah website perlu memiliki form yang mudah digunakan oleh calon pengguna.

 

Elemen Web Design

Untuk mencapai semuanya itu, kita perlu menggunakan elemen-elemen desain web dan mengkombinasikannya. Beberapa elemen ini adalah:

1. Layout

Pada saat membuat website, kita akan mengatur gambar, iklan dan tulisan. Gol di dunia situs adalah membaca calon pengguna untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat. Pada saat kita membuat layout, kita perlu memahami keseimbangan, konsisten dan persamaan dalam desain.

 

2. Warna

Pemilihan warna sangat bergantung pada tujuan kita atau klien kita. Kita bisa memilih warna hitam putih atau warna-warna lainnya untuk mempresentasikan kepribadian seseorang atau sebuah perusahaan.

 

3. Gambar

Web design perlu cantik. Untuk itulah kita membutuhkan logo, foto, clipart atau icon yang menarik. Mereka juga perlu ditata sesuai kaedah desain agar enak dilihat. Dan juga tidak membuat situs kita lama loadingnya. Seperti yang kita telah bahas sebelumnya, orang-orang bisa meninggalkan situs dalam waktu beberapa detik saja.

 

4. Jenis tulisan

Jenis tulisan atau tipografi yang tepat akan membuat situs kita lebih menarik. Namun banyak browser hanya bisa memilih beberapa jenis tulisan saja atau yang lebih dikenal dengan istilah “web-safe fonts”. Jadi kita perlu memilih dari pilihan yang sedikit ini.

 

5. Konten

Konten dan desain bisa berjalan bersama-sama untuk memberikan pesan yang lebih utuh. Tulisan haruslah relevan dan bermanfaat. Tulisan tidak boleh membuat pembaca bingung dan memberikan informasi yang mereka cari agar mereka betah di situs. Sebuah konten juga perlu dioptimisasi di mesin pencarian dengan jumlah huruf yang tepat dan keyword yang relevan juga.

 

Sekarang kita sudah mengetahui serba serbi website dan pengerti web design itu sendiri bukan. Nah, jangan sekedar dipahami saja. Kita perlu sering mempraktekkannya, mulai dari mengikuti kursus web design atau kursus coding anak bagi si kecil berusia 6-15 tahun di iBiG Academy. Cari tahu yuk tentang kita di hello@ibigacademy.com.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us