Search

+
batik-jumputan
Serunya Belajar Batik Jumputan

Apakah Parents pernah mencoba membuat batik bersama si Kecil? Hal ini bisa jadi kegiatan alternatif untuk mengisi akhir pekan. Apalagi manfaat dari belajar membatik dapat melatih kreatifitas mereka. Ada teknik membatik yang cocok dilakukan bersama si kecil yakni ikat celup. Teknik membatik dengan ikat celup ini disebut juga batik jumputan.

Batik jumputan dihasilkan dengan cara mengikat kencang pada beberapa bagian kain menggunakan koin, kelereng, bola, dan lain-lain. Bisa juga dengan menjahit beberapa bagian kain membentuk pola. Kemudian celupkan bagian tersebut pada pewarna pakaian dan buka ikatan atau jahitannya. Hasilnya, gradasi warna akan mengikuti pola dan terlihat serasi.

Namun, teknik jumputan ini juga dikenal berbagai penjuru dunia diantaranya Jepang. Di Jepang, orang-orang menyebutnya “Shibori”. Meski pada dasarnya sama-sama di buat pola dan dicelup, shibori lebih terkesan rumit dengan aksen ikatan yang sangat kecil. Ada pula teknik “itajime” yang berarti melipat dan ditekan. Perbedaan lainnya, shibori biasanya menghasilkan kain bertekstur timbul dengan motif renik.

siapapun-bisa-membatik

Komunitas Batik Tangerang Selatan sering mengadakan kegiatan belajar membuat batik jumputan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat membuat orang-orang lebih mengenal keragaman batik dan ingin melestarikan warisan budaya dunia.

Mempelajari batik tak harus dilakukan orang tertentu. Setiap orang bisa belajar membatik. Baik laki-laki atau perempuan, tua atau muda, bahkan anak-anak juga bisa. Jadi, parents bisa ikut kelas membatik bersama si kecil.

Selain melatih daya kreativitas si kecil, ikut kelas membatik juga menambah kenalan. Bertemu orang-orang baru di komunitas memperluas jaringan relasi. Belajar membatik bersama pasti sangat menyenangkan.

kain-batik-jumputan

Lihat saja wajah-wajah bahagia si kecil. Serunya membuat batik jumputan bersama. Batik yang dihasilkan sangat indah dan bernilai ekonomi tinggi. Parents juga bisa membuka peluang untuk menambah penghasilan dengan menjual batik jumputan, loh. Kain batik ini bisa langsung dijual  atau diolah lagi menjadi pakaian.

Kalau Parents ingin mencoba berakhir pekan dengan belajar membatik, iBiG Academy membuka kelas membatik pada Sabtu, 19 Januari 2019. Ruko The Icon Business Park Unit E-7, BSD City.

Dalam kelas membatik ini, Komunitas Batik Tangerang Selatan yang akan berbagi cara membuat batik jumputan. Ada pula materi dan tips dalam berbisnis online dari iBiG Academy.

Biaya pendaftaran Rp 550.000. Setiap peserta akan mendapatkan kain Shawl ukuran 170×60 cm, jarum, benang, pewarna kain, dan bonus materi bisnis online.

Yuk ajak rekan dan saudara untuk belajar membuat batik jumputan sekaligus menambah penghasilan melalui bisnis online. Daftarkan segera dengan menghubungi kontak iBiG Academy melalui  0812 – 1177 – 8838 atau hello@ibigacademy.com.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us