Search

+
8-kecerdasan-anak
Si Pecinta Lingkungan Dengan Kecerdasan Naturalis

Prof Howard Gardner menyatakan ada 8 kecerdasan anak. Kita sudah mengenal kecerdasan logika matematika, kinestetik, spasial, linguistik, interpersonal, intrapersonal dan musik. Dan kita akan menutup seri kecerdasan anak dengan membahas kecerdasan naturalis pada anak.

Kecerdasan naturalis baru diajukan pada tahun 1994. Kecerdasan yang satu ini dipercaya telah membantu para nenek moyang untuk mengenal jenis binatang dan tumbuh-tumbuhan. Kecerdasan ini juga membantu mereka untuk memperhatikan pola dan perubahan lingkungan sehingga para pemburu bisa bertahan. Mereka mudah mengenal pola, menghubungkan berbagai informasi dan melakukan klasifikasi.

Kecerdasan ini bisa terlihat juga dari diri seorang anak. Anak-anak dengan kecerdasan yang berdasar pada alam ini biasanya tertarik pada kebiasaan dan sikap manusia serta spesies binatang lainnya. Mereka memiliki kedekatan dengan alam atau binatang tertentu sejak kecil. Mereka juga menikmati beberapa mata pelajaran, pertunjukan dan cerita tentang binatang atau fenomena alam.

Ciri-ciri anak dengan inteligensia naturalis bisa disimpulkan sebagai berikut:
  1. Menyukai binatang, alam dan berkebun
  2. Mereka peduli terhadap lingkungan. Mereka bisa jadi inisiator go green di rumah
  3. Mereka menyukai dan mengamati cuaca serta perubahannya
  4. Mereka menyukai ilmu-ilmu alam terutama biologi atau yang berkaitan dengan bumi.
  5. Mereka memperhatikan ukuran, bentuk, warna, desain dan tekstur
  6. Mereka suka koleksi barang-barang dari alam seperti batu-batuan, cangkan kerang dan lain-lain
  7. Mereka memperhatikan dengan detail alam yang kadang diabaikan oleh kita
  8. Mereka bisa mudah memberikan nama, mengkategorikannya dan mengoleksi data-data dri berbagai obyek atau spesies di alam
  9. Mereka terpesona dengan alam atau fenomena alam

 

Anak-anak ini dengan inteligensia ini senang di tempat yang dekat dengan alam. Mereka tidak suka dikurung di dalam rumah dalam jangka waktu terlalu lama. Dan kita perlu mengajak mereka keluar ke alam saat liburan bila kita tinggal di perkotaan yang padat penduduknya di mana ruang hijau sulit ditemukan.

Cara praktis bergaul dengan anak-anak yang menyukai alam
1. Mendapat udara segar

Seperti yang kita bahas sebelumnya, anak-anak ini butuh berada di tempat yang asri dan dekat dengan alam. Bawalah dia ke taman atau hutan dan izinkanlah dia menjelajah. Dia bisa menggali tanah, bermain di kolam atau melompati daun-daunan. Jangan takut dia terluka. Yang penting si kecil tetap dalam pengawasan kita.

2. Belajar tentang binatang

Mereka senang untuk berkenalan dengan para binatang. Bawalah mereka ke taman, kebun binatang atau aquarium. Di setiap kesempatan, kita bisa memberikan penjelasan tentang jenis-jenis mamalia dan bedanya satu sama lain.

3. Camping

Tidak semua orang tua menyukai camping. Tetapi anak-anak dengan kecerdasan alam senang sekali bila kita membawanya camping. Mari meluangkan waktu agar si kecil bisa menikmati alam.

4. Binatang Peliharaan

Salah satu cara terbaik untuk mengembangkan kecerdasan mereka adalah memberikan binatang peliharaan. Kita bisa mengajaknya untuk memilih ikan, anjing atau kucing yang mereka mau. Memelihara binatang juga adalah salah satu cara untuk mendidik mereka bertanggung jawab atas makhluk lain dan mengurangi tingkat stress.

 

Pilihan karier untuk anak-anak yang menyukai alam ini adalah dokter hewan, arkeolog, geologi, botany, ecology, ahli binatang, ahli tanaman, ahli forensik, meteorologi, fotografer, penata lingkungan, penjaga lingkungan dan masih banyak lagi.

 

Metode praktis untuk mengajar anak-anak inteligensia alam
  1. Mengajarkan mereka mata pelajaran yang berhubungan dengan alam. Semakin mereka bermain dan dekat dengan alam, mereka akan semakin memahami pelajaran ilmu pengetahuan alam. Ajaklah mereka untuk melihat bintang-bintang, menjelejahi pulau-pulau di Indonesia, bermain pasir, menelusuri goa dan masih banyak lagi. Keindahan alam Indonesia itu layak dijelajahi bersama si kecil.
  2. Belajar di alam. Si kecil akan lebih gampang belajar di alam sekalipun alam bisa mengganggu konsentrasi belajar mereka. Namun kita perlu mencobanya dan apabila terlalu mengganggu, kita bisa selang seling mengerjakan tugas di rumah di dalam
  3. Memperlihatkan DVD berupa alam atau channel seperti National Geographic
  4. Anak-anak perlu diberikan banyak buku mengenai alam lengkap dengan foto-fotonya yang indah. Atau kita bisa mengajaknya mengambil foto alam untuk mengingat spesial hewan atau tanaman sebagai koleksiannya
  5. Mengizinkan anak-anak untuk koleksi berbagai benda dari alam seperti daun, cangkang, biji-bijian, serangga dan lain-lain
  6. Rawatlah kupu-kupu dan biarlah mereka mengamati pertumbuhan dari ulat bulu menjadi kupu-kupu
  7. Melakukan pencarian harta karun di alam
  8. Memberikan dia kamera dan mengajarkan mereka untuk menangkap pemandangan indah
  9. Melakukan geocaching. Geocaching adalah sebuah aktifitas yang menggunakan gps. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak untuk menyimpan sebuah barang di alam pada sebuah titik koordinat tertentu dan menyimpan datanya di aplikasi. Setelah itu, mereka bisa bagikan kepada anak-anak lain untuk menemukannya barang yang disimpan.
  10. Belajar coding. Geocaching bisa terjadi karena ada orang-orang yang bisa melakukan coding. Kita juga banyak menggunakan kecanggihan teknologi dalam memelihara alam. Misalkan dengan adanya email, kita telah mengurangi pemakaian kertas sehingga mengurangi jumlah pohon yang ditebang. Teknologi juga telah membantu kita mengurangi polusi udara karena kemacetan lalu lintas. Kita bisa mengurangi banyak kerusakan lingkungan akibat teknologi.

 

Selesai sudah edisi 8 kecerdasan anak kami. Jadi kita sudah tahu belum si kecil memilih kecerdasan yang mana. Kita tidak perlu terfokus mencari satu saja, tetapi bisa kembangkan yang sudah ada. Selain itu juga, kita perlu sering-sering mengajak anak ekperimen sesuatu yang baru agar kita bisa menemukan kecerdasannya.

 

Buat orang tua yang ingin anak-anaknya lebih memahami dan bisa bergaul dengan teknologi di masa kini dan masa depan, ayo buruan daftar ke iBiG Academy. Saat kita ini memiliki kelas Kursus Coding Anak untuk anak berusia rentang usia 7 hingga 15 tahun. Silahkan menghubungi What Apps kami untuk keterangan lebih lanjut di 0812-1177-8838.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us