Tahukah Anda, mengapa Facebook bisa menjadi platform media sosial nomor satu? Sebab kemudahannya dalam membagikan gambar dan video sehari-hari kepada teman sejawat dan para fans.

Facebook juga tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk bertukar pesan jarak jauh. Tetapi juga saling berkirim gambar dan video. Kehadirannya membuat orang terasa dekat. Maupun membuat orang dapat melihat apa yang tidak bisa mereka lihat. Oleh karena kemudahan berbagi gambar dan video, konten visual menjadi penting bagi sebuah platform. Orang-orang kini lebih menyukai menonton video ketimbang membaca tulisan.

Anda bisa menyimpan semua foto dan video Anda. Bak buku kenangan online, sering kali Facebook mengingatkan salah satu momen pada tanggal yang sama. Anda bisa bernostalgia merindu, senang, atau mungkin kesal teringat kenangan dulu. Namun, lebih dari itu semu, Facebook dengan sangat baik menyimpan kenangan kita.

Apakah Anda adalah pengguna baru di Facebook? Dan ingin berbagi cerita Anda melalui video. Berikut ini adalah langkah mudah cara membuat video Facebook.

Sejarah Video Facebook

Ketika pertama kali dilunculkan pada tahun 2004 oleh Mark Zuckerberg, Facebook belum memiliki fitur untuk mengunggah ataupun menampilkan video.

Fitur ini baru diluncurkan secara resmi pada Mei 2007. Video di Facebook juga dilengkapi kemampuan untuk diberikan tag sama seperti ketika Anda mengunggah foto.

Seiring perkembangan waktu, pada tahun 2015, video di Facebook sudah mendukung video 360-degree yang membuatnya semakin menarik dan interaktif. Dengan video model seperti ini, Anda bisa merasakan pengalaman seolah sedang berada di dalam ruangan, apalagi jika menggunakan virtual reality.

Cara Membuat Video Facebook

Pertama, Anda bisa membagikan video dari galeri handphone Anda lansung.

  1. Masuk ke galeri Anda.
  2. Klik gambar titik/garis tiga atau simbol pengaturan di video tersebut.
  3. Kemudian pilih bagikan.
  4. Cari gambar “Facebook”.
  5. Jika Anda belum login, masukan email dan password.
  6. Kemudian pilih bagikan. Anda juga bisa mengisi keterangan video tersebut.

Kedua, Anda membagikan langsung dari laman Facebook.

  1. Masuk ke halaman www.facebook.com
  2. Jika Anda sudah pernah punya akun, masukkan email/nomor handphone yang terdaftar dan masukkan password.
  3. Kemudian klik login.
  4. Di halaman beranda, Anda bisa klik tombol foto/video pada kotak status yang menanyakan “Apa yang Anda pikirkan, __(nama Anda)_?”
    cara edit foto langusng di facebook 1

    Sumber: Facebook.com

  5. Kemudian pilih video yang Anda ingin bagikan.
    cara edit foto langusng di facebook 2

    Sumber: Facebook.com

  6.  Anda bisa langusung klik “Kirim”. Tuliskan sesuatu tentang video Anda sebelum di bagikan.

Membagikan Video ke Cerita Facebook

Selain membagikan ke beranda Facebook dan menyimpannya di album, Anda juga bisa membagikan video pada cerita Facebook. Saat Anda menambahkan foto atau video ke cerita Facebook, foto atau video itu bisa dilihat di Facebook dan Messenger. Anda selalu bisa mengontrol siapa saja yang bisa melihat cerita Anda.
Untuk membagikan ke cerita Anda:
  1. Dari Kabar Beranda, buka bagian Stories di kanan atas dan klik + Tambahkan ke Cerita Anda.
  2. Ketik cerita baru, atau klik Foto/Video untuk menambahkan foto atau video dari komputer Anda.
  3. Di samping Cerita Anda, Anda bisa mengklik pemilih pemirsa (misalnya: Publik atau Teman) untuk memilih siapa yang bisa melihat cerita Anda.
  4. Klik Bagikan.

Tahukah Anda, bahwa Anda bisa mendownload video sendiri atau video teman-teman Anda yang di post di timeline. 0Secara umum anda bisa mendownload beberapa jenis video di Facebook dan Anda juga bisa download video facebook menggunakan berbagai macam website.

Cara Download Video Sendiri di Facebook

Jika Anda sering membagikan video ke Facebook sejak dulu, kemudian file tersebut hilang atau rusak. Jangan khawatir, Anda bisa download kembali dari Facebook.

Cara ini dapat anda lakukan jika anda ingin mendownload video yang telah anda upload sendiri. Pertama-tama anda bisa membuka Facebook dan pilih ke bagian photo section. Jika anda sudah berhasil masuk ke sana, di bagian cover photo, anda arahkan kursor anda ke bawahnya lalu klik more dan pilihlah pilihan videos.

Dengan ini anda akan memasuki bagian video dan silahkan anda mencari video yang anda kehendaki untuk didownload. Jika sudah menemukannya anda bisa geser kursor anda kepada video tersebut dan kemudian anda bisa klik ikon edit and remove yang tampak seperti gambar pensil di ujung kanan atas video tersebut.

Setelah itu biasanya akan muncul menu drop down dan anda bisa memiliih download HD atau download SD. Pilihan untuk mendownload video kualitas HD tentunya akan ada hanya jika anda mengupload video tersebut juga dengan kualitas HD.

Cara Download Video di Facebook Timeline Anda

Cara pertama yang dapat anda lakukan ini adalah hanya jika seseorang yang memposting video tersebut merupakan teman Facebook anda. Cara ini sebenarnya cukup rumit, dan cara inilah yang memang dapat anda ikuti namun tidak melanggar ketentuan Facebook.

Pertama-tama jelas anda harus masuk ke dalam akun facebook anda, serta carilah video yang anda kehendaki untuk anda download. Kemudian anda bisa klik kanan dan pilihlah show video URL. Jika anda melakukannya dengan benar seharusnya akan muncul jendela pop up pada browser anda disertai URL videonya.

Kemudian silahkan anda blok URL videonya dan copy link tersebut. Setelah itu anda bisa paste link yang telah anda copy tersebut ke address bar yang ada di browser anda. Namun ada sedikit hal yang harus anda ubah sebelum menekan tombol enter.

Anda harus mengganti awalan www pada alamat link yang anda tuju menjadi m agar terbuka laman video versi mobile nya. Setelah itu lanjutkan dengan proses dibawah ini, kami membaginya karena untuk setiap browser cara yang bisa anda gunakan biasanya berbeda beda.

Jika anda menggunakan Google Chrome, Microsoft Edge, dan Firefox anda tinggal tekan ikon play pada video tersebut agar browser anda memutar video tersebut. Setelah video berjalan anda bisa klik kanan pada videonya (dimanapun) dan pilihlah save video as. Kemudian anda diminta memilih tempat untuk menyimpan video tersebut dalam folder di komputer atau laptop anda.

Untuk pengguna Internet Explorer, ketika anda menekan ikon play, di bawah jendela Internet Explorer anda akan muncul secara otomatis pesan pop up yang bertanya apakah anda ingin membuka atau menyimpan video tersebut.

Anda bisa klik Down Arrow di sebelah tombol save dan anda tinggal klik Save as untuk menyimpan video tersebut.

Cara Download Video Facebook di Android (Dengan Aplikasi)

Selain cara manual di atas, Anda bisa menggunakan bantuan dari aplikasi lain. Salah satunya adalah Video Downloader for Facebook. Dikembangkan oleh Rimal Capital, aplikasi ini mendapatkan rating yang cukup tinggi, yakni 4.6 dari kurang lebih satu juta pengguna.

Ini dia cara untuk download video dari Facebook menggunakan Video Downloader for Facebook.

  1. Klik Browse Facebook pada aplikasi.

  2. Masuk dan telusuri wall atau beranda Anda hingga menemukan video yang ingin diunduh.

  3. Mainkan video yang ingin kamu unduh, nanti akan muncul pilihan antara Watch dan Download. Pilih Download.

Nantinya semua video yang pernah didownload akan terkumpul pada satu direktori, sehingga kamu bisa menontonnya kapan pun dan di mana pun.