Search

+
cara jualan online di facebook
Tips dan Trik Cara Jualan Online di Facebook

Penjualan produk di grup-grup Facebook memiliki market yang cukup tinggi. Malah sebelum hadirnya marketplace dan e-commerce jualan di grup Facebook memang paling jitu. Alasan terbaik orang menggunakan grup untuk berjualan adalah tidak adanya biaya yang dibebankan kepada penjual. Jadi, semua profit bisa jadi millik Anda. 

Berkat kemajuan industri yang terus dikembangkan Facebook, melihat adanya peluang usaha yang besar dari transaksi penjualan. Akhirnya pada 2016 Facebook resmi meluncurkan platform khusus jual-beli yang dinamakan Facebook Marketplace.

Fitur platform ini sebenarnya bukan hanya untuk penjual saja. Memang pada dasarnya, orang-orang di Indonesia itu unik dan kelewat kreatif. Banyak orang memanfaatkan platform jual-beli dengan menjajakan barang bekas yang berharga dan masih layak. Seperti jual handphone second, jual motor second, atau jual mobil bekas. Orang-orang memanfaatkan kekuatan Facebook untuk berjualan di komunitas lokal.

Satu pertanyaan yang sering muncul adalah:
“Di mana tempat terbaik untuk penjualan maksimum – Facebook atau e-commerce?”. Hikmah dari Facebook adalah bebas biaya, sementara e-commerce lainnya bisa mengambil 10% dari total transaksi termasuk ongkos kirim dan biaya tambahan PayPal jika Anda menggunakan e-Bay. 

Namun, ada keuntungan lain jika Anda bergabung dengan e-commerce yang sudah berdiri kokoh di Indonesia. Dari maraknya kasus seller yang kabur atau pembeli yang ‘hit n run’, maksa di kirim baru di bayar dulu. Kehadiran e-commerce melindungi seller dan buyer atas transaksi online.

Jika buyer tidak transfer uang selama waktu yang ditentukan, otomatis pesanan dibatalkan. Begitu pula sebaliknya, jika sudah di bayar dan seller tidak mengirimkan barangnya. Maka uang pembeli akan kembali dan transaksi otomatis dibatalkan.

Beberapa tahun lalu, ini adalah hal yang tidak mungkin berhasil dilakukan. Tapi nyatanya, sekarang menjadi hal yang lumrah dan menjadi dasar value setiap e-commerce untuk melindungi penjual dan pembeli mereka. Dengan bantuan marketplace seperti ini, sebenarnya Anda tidak perlu repot mempromosikan produk Anda lagi. Sebab, reputasi ‘aman’ telah dibangun dari brand marketplace tersebut. Mereka juga menggalakkan promo-promo sehingga banyak buyer potensial berdatangan yang akan menjadi jodoh Anda.

Nah, di Facebook Marketplace atau grup. Anda sendiri yang mengatur peraturan dan membangun ‘branding’ toko Anda. Perusahaan Facebook tidak akan terlibat dalam transaksi antara penjual dan pembeli. Pembeli tidak selalu dapat diandalkan, kadang-kadang mereka tidak mau muncul, atau mereka akan berubah pikiran.

Jenis Produk yang Laku di Facebook

Berikut ini adalah produk yang paling laku di Facebook. Tentu saja, Anda tidak akan rugi dengan mencoba keberuntungan Anda di sana terlebih dahulu. 

  1. Barang populer. Facebook adalah tempat penjualan yang bagus untuk barang-barang yang umum di jual. Hal-hal yang dimiliki dan diinginkan banyak orang. Seperti handphone.
  2. Ketika ongkos kirim melebihi nilai barang kecil. Ini bagus untuk julan paperbags, peralatan bayi yang kecil-kecil, atau DVD lama karena ada beberapa e-commerce yang mengambil keuntungan melalui ongkos kirim yang akan memberatkan pembeli. 
  3. Barang berukuran besar atau mudah pecah. Pasar untuk barang-barang koleksi saja, seperti sofa dan lemari pakaian, seringkali terbatas pada penduduk lokal saja.
  4. Barang-barang anak-anak. Kebanyakan kelompok orang tua adalah yang paling ramai di market Facebook. Jadi, Anda bisa mencoba menjual dipan, pakaian anak-anak, boneka Frozen, dan Jumperoos.

Namun, Anda harus perhatikan. Ada beberapa barang yang tidak cocok untuk di jual di Facebook.

  1. Barang langka. Facebook bukanlah tempat yang cocok untuk menjual barang mahal, seperti koleksi langka, kelas seni, dan barang antik semacamnya. Bukan ceruk yang cocok untuk market Facebook.
  2. Pakaian dewasa. Mungkin ada beberapa orang dengan selera gaya dan ukuran yang sama di kota Anda. Hanya saja, peminatnya kurang bagus dibanding Anda menaruhnya di e-commerce. 
  3. Item bernilai tinggi. Anda mungkin merasa tidak nyaman bertemu orang asing untuk menjual barang-barang yang sangat mahal, seperti Macbook.

Bergabung dengan Grup Jualan di Facebook

Jualan di Facebook itu cepat dan mudah. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya seperserpun dari penjualan. Anda bebas untuk bergabung dengan grup-grup yang membuka forum jual-beli. Tidak ada biaya yang perlu Anda keluarkan untuk berjualan. 

Ribuan grup jual beli Facebook bermunculan di seluruh Indonesia. Untuk memulai, cari area atau kode pos Anda di kotak pencarian utama, di samping kata-kata seperti ‘jual’, ‘penjualan’ atau ‘beli’.

Gabung dengan kelompok sebanyak yang Anda bisa temukan, meskipun beberapa lebih sibuk dan berurusan dengan barang berkualitas lebih tinggi daripada yang lain. Tingkatkan peluang Anda dengan bergabung dengan satu atau dua wilayah yang berbatasan.

Untuk mulai menjual, cukup klik ‘Gabung grup’, dan administrator harus menyetujui Anda dalam waktu 24 jam. Setelah Anda bergabung, Facebook menyarankan grup serupa – daftar akan muncul di sisi kanan, atau cukup tekan ‘Grup baru’ di sisi kiri.

Cara lain yang konyol untuk mencari grup teratas adalah dengan memeriksa bagian ‘tentang’ di profil anggota untuk melihat mana yang telah mereka ikuti.
Bukan hanya grup penjualan tertentu – beberapa jenis grup Facebook lainnya juga memungkinkan penjualan, misalnya grup orang tua atau yang bertema minat atau hobi tertentu. (Periksa aturan grup, karena beberapa tidak memperbolehkannya).

Menjual barang-barang berdasarkan lokasi melalui Facebook Marketplace

Facebook memiliki layanan iklan baris tersendiri. Ini tersedia melalui aplikasi Facebook iOS dan Android, plus browser desktop juga. Dengan Facebook Marketplace, memungkinkan penjual untuk mendaftar item dengan foto dan deskripsi, ditandai ke lokasi tertentu, dan gratis. Pengguna kemudian dapat mencari item dan / atau menelusuri berdasarkan lokasi dan kategori.

Layanan ini beroperasi, setidaknya untuk saat ini, bersama dengan grup Facebook. Seperti halnya itu, Facebook tidak terlibat dalam pembayaran atau pengiriman untuk barang-barang yang terdaftar di Marketplace – itu antara pembeli dan penjual. Begitu banyak peringatan yang sama tentang keamanan dan pembayaran tunai berlaku sama untuk kedua sistem penjualan.

Setelah bergabung dengan beberapa Grup Penjualan di Facebook dan mendaftarkan item Anda ke Facebook Marketplace, Anda bisa langsung berjualan. Close the deal dengan customer melalui messanger. Anda harus berhati-hati karena tidak ada “dindin” yang melindungi Anda dari penipuan. Ada baiknya jika Anda melakukan proses Cash on Deliveri atau COD. Ketemu langsung dengan penjual atau pembeli jika memang harga barang Anda cukup mahal.

Itu dia Tips dan Trik berjualan di Facebook. Semoga usaha Anda laris manis!

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us