Search

+
Tips Membuat Konten Instagram dengan Caption Sempurna untuk eCommerce

Caption foto sering diabaikan ketika posting konten. Dalam dunia filter dan tagar, terlalu mudah untuk melupakan bahwa teks memainkan peran penting. Kami sudah mengatakannya sebelumnya, tetapi perlu diulangi: Teks lebih penting daripada yang mungkin Anda pikirkan pada media sosial yang dikhususkan untuk gambar.

Dengan itu, kami telah mengumpulkan 6 tips membuat konten Instagram dengan caption yang sempurna. Ayo kita mulai!

Kiat # 1: Meneliti minat pengikut Anda

Suatu keharusan untuk setiap jenis pemasaran, termasuk Instagram marketing, adalah untuk memastikan Anda melakukan pekerjaan dan meneliti sasaran pasar Anda dengan tepat. Temukan pengguna yang minatnya cocok dengan minat Anda, dan Anda akan menuai imbalan jangka panjang dalam peningkatan interaksi pengguna.

Misalnya, jika bisnis Anda berurusan dengan fashion dan ingin mempromosikan produk khusus kaos baru yang menarik, jangan menulis teks yang:

  • Terlalu luas – ‘Apakah Anda suka fashion?’
  • Terlalu spesifik – ‘Memperkenalkan kaos baru kami, yang tersedia dalam kisaran 23 warna dan 7 ukuran, terbuat dari poliester dan kapas dan tersedia dalam … (dll.)’
  • Berdasarkan gambar yang bagus, tetapi tidak relevan – ‘Inilah yang lucu foto anjingku … beli kaos kami sekarnag juga!

Memahami pasar Anda berarti Anda menghabiskan waktu membuat konten yang benar-benar akan berbicara kepada mereka. Ini juga bisa berarti berkaitan dengan demografi tentang masalah sosial. Pahami siapa mereka dan apa yang mereka pedulikan. Caption adalah tempat yang penting bagi Anda untuk mengekspresikan pesan Anda.

Gunakan ruang ini untuk memulai dialog dengan pelanggan Anda. Maka ingatlah untuk merespons mereka ketika mereka menjawab kembali! Instagrammers senang melihat bahwa sebuah brand telah meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dan kekhawatiran di Instagram. Itulah tujuan dibuatnya platform ini!

Kiat # 2: Menjadi Pendek dan Tajam atau Tidak Memiliki Teks Sama Sekali

Selalu singkatkan teks Anda jika mungkin. Sprout Social memberi nama panjang teks ideal sebagai 138-150 karakter. Beberapa bahkan mengklaim lebih pendek lebih baik!

Setiap posting dapat memiliki maksimum 2.200 karakter per teks, tetapi untuk semua Instagram, silakan jangan membuat teks sepanjang itu kecuali diperlukan! (Contoh: Instagram giveaway mungkin perlu menggunakan banyak karakter untuk menjelaskan aturan)

Jika Anda ingin membiarkan gambar yang berbicara dan tidak ada teks, itu selalu merupakan pilihan. Teks Anda harus menambah nilai pada konten Anda, jadi jika tidak, mungkin lebih baik Anda tidak menggunakannya.

Jika Anda harus menggunakan keterangan yang lebih panjang, cobalah memecahnya menjadi garis-garis yang lebih kecil dan dapat dipindai. Pertimbangkan untuk menambahkan emoji sesekali untuk membuat teks menjadi lebih pendek.

Kiat # 3: Pertimbangkan Cross-Linking – Gunakan Hashtag dan Emoji

Instagram dan aplikasi seperti Everypost sangat bagus untuk membantu Anda melakukan lintas pos di media sosial lain, meningkatkan dampak gabungan dari pos Anda. Namun, ingatlah bahwa teks Anda yang sempurna perlu dioptimalkan untuk semua media yang Anda gunakan secara bersamaan. Misalnya, jangan gunakan nama pengguna Instagram saat melakukan posting silang ke Facebook – mereka tidak akan menautkan kembali ke pengguna Instagram.

Mengisi caption Anda dengan teks berwarna biru dapat mengubah pos yang bagus menjadi merusak pemandangan, jadi kurangi tagar spam yang tidak perlu.

Jika Anda masih memiliki daftar panjang tagar yang relevan, coba pisahkan tag Anda dari bagian teks lainnya. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah menempatkan mereka dalam komentar terpisah.

Selain memikirkan penggunaan tagar di teks Instagram Anda, ingatlah bahwa lebih dari 50% teks di Instagram berisi emoji.

Anda bahkan dapat menggunakan tagar emoji sebagai cara yang efektif untuk meringkas suasana hati dan nada posting Anda sambil menjaga teks yang sempurna sesingkat mungkin. Pos yang ditunjukkan di bawah ini adalah oleh René Mouris, merek arloji premium, yang menggunakan emoji arloji hashtag untuk mewujudkan apa yang mereka jual.

tips membuat konten instagram

(sumber: https://hi.photoslurp.com)

Ini adalah taktik lain yang berguna untuk memastikan teks Anda tidak terlihat terlalu penuh dengan tagar biru.

Apa pun yang Anda putuskan untuk dilakukan, pikirkan tentang bagaimana teks Anda akan tampil secara visual. Orang lebih cenderung membacanya jika caption tersebut pendek dan sederhana, dengan sedikit emoji yang menyenangkan!

Kiat # 4: Ceritakan Kisah dengan Gaya Khas, Humor, dan Gimmicks

Hootsuite memberi kami pelajaran dan pengingat yang berharga: media sosial tidak dimaksudkan untuk iklan tetapi sebagai cara untuk berbagi dengan orang lain.

Ini berarti bahwa menceritakan kisah di balik foto dapat membuatnya jauh lebih menarik. Seorang pengguna dapat menjadi jauh lebih terlibat dengan suatu gambar – mengambil waktu untuk berhenti, mempertimbangkan dan menikmatinya – karena keterangan menunjukkan kepada mereka mengapa mereka melihat sesuatu yang istimewa.

Kecerdasan dan permainan kata-kata adalah cara yang baik untuk memulai gaya tulisan dan menarik pengguna baru dengan teks.

Ada alasan mengapa meme begitu populer! Mereka potongan teks dan gambar pendek, cerdas, dan lucu yang berhubungan dengan keseharian orang. Ini adalah teknik yang bekerja dengan cemerlang untuk membuat teks Instagram yang pendek dan mudah diingat.

Kiat # 5: Ajukan Pertanyaan Retoris

Mengajukan pertanyaan saat membuat teks yang sempurna adalah cara yang sudah teruji dan teruji untuk terlibat dengan pengguna Anda, dan itu jarang gagal. Jangan hanya bertanya pertanyaan lama: gunakan pertanyaan kepemimpinan atau retoris untuk menarik perhatian pengikut Anda dan memberi mereka kesempatan untuk berdialog dengan Anda.

Teknik ini bekerja sangat baik jika Anda sudah memiliki basis penggemar yang kuat dan sangat terlibat, yang dapat Anda minta bantuan atau saran.

Ini juga dapat digunakan sebagai cara yang bagus untuk menyajikan kontes atau hadiah karena siapa yang tidak menginginkan sesuatu yang gratis?

 

Kiat # 6: Periksa tata bahasa Anda dan jangan berusaha terlalu keras untuk menjadi keren.

Ini mungkin bukan hal pertama yang Anda pikirkan ketika datang ke Instagram, tetapi mengoreksi ejaan, tanda baca, dan tata bahasa memiliki peran penting untuk pembuatan teks yang bagus.

Bahasa gaul dan singkatan bisa menjadi pilihan yang baik bila digunakan dengan tepat dan dengan kelompok sasaran yang relevan. Hal tersebut dapat membantu membuat teks menjadi singkat tetapi memastikan teks Anda juga dapat dibaca, sederhana dan mudah dimengerti.

Hanya saja, jangan terlalu banyak mencoba bahasa gaul, adat istiadat setempat, atau menjadi ‘kaku’. Kita semua merasa ngeri ketika kita melihat posting di Instagram yang rasanya kurang enak atau berusaha terlalu keras alias maksain banget.

Jika gambar yang berkualitas membuat seseorang berhenti dan berpikir, caption yang sempurna akan menawarkan lebih banyak kepada followers.

Semua tips ini adalah cara yang bagus untuk terlibat dengan pengguna Anda, tetapi ingat: ajakan bertindak yang jelas akan membuat mereka ambil tindakan. Cara yang bermanfaat untuk mengarahkan pengguna ke halaman bisnis Anda adalah dengan tetap menggunakan tautan di bio Anda.

Punya contoh caption Instagram yang Anda sukai? Beri tahu kami di komentar di bawah!

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us