Search

+
pengertian-user-interface
Tips Mendapatkan Lowongan Kerja User Design yang Banyak Dibuka

Pengertian User Interface adalah tampilan antar muka sebuah situs atau aplikasi baik di komputer maupun mobile. Sebuah kualifikasi user interface yang baik adalah dia bisa menarik calon pengguna untuk mencoba semua fitur-fiturnya. Selain itu dia juga bisa menuntun pengguna menemukan fitur atau informasi yang dibutuhkan. Makanya Tampilan mereka juga perlu dibuat menarik sedemikian rupa.

User Interface sangat penting. Seringkali orang menghapus sebuah aplikasi atau keluar dari situs karena melihat tampilan yang penggunaanya. User Interface yang bekerja beriringan User Experience akan membuat pengguna betah serta produktif. Bahkan bisa menghasilkan keuntungan untuk situs e-commerce.

Kali ini kita akan membahas dari sisi lowongan kerja. Banyak orang yang mencari orang-orang yang mengerti User Interface Design. Kadang pekerjaan ini pun dilebur dengan User Experience Design menjadi UI / UX Designer. Padahal tugas desainer User Interface dan User Experience itu berbeda.

Mungkin perusahaan itu memiliki alasannya sendiri untuk meleburkan kedua pekerjaan itu menjadi satu. Apapun alasan di balik itu, iBiG Academy akan memberikan tips mendapatkan pekerjaan di bidang UI Design. Pencarian kerja ini mungkin memakan waktu, tetapi kita bisa mempersiapkan diri mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

 

1. Mencari lowongan kerja user interface

Sebelum kita melihat deskripsi kerja UI Designer secara detil, kita perlu tahu tempat mencari kerja yang tepat. Kita bisa apply di situs-situs yang ternama seperti Jobstreet, JobsDB, LinkedIn dan masih banyak lagi.

Pada saat pencarian, kita bisa menggunakan kata kunci seperti UI Designer. Namun kita juga bisa memasukkan beberapa kata kunci yang berkaitan Web Designer, Visual Designer, Brand Designer atau Product Designer. Kadangkala kerjaan yang diinginkan dibalut dengan nama yang berbeda. Jadi kita perlu detail dalam membaca deskripsi lowongan kerja yang ada. Kadangkala malah deskripsinya lebih menjelaskan pekerjaan UX Designer.

 

2. Pekerjaan UI dan UX sering digabung menjadi satu. Kenapa?

Kalau kita familiar dengan pekerjaan sehari-hari UI Designer, kita akan menyadari bedanya pekerjaan UX dan UI. Tugas mereka berbeda. Namun seringkali kita melihat penawaran kerjaan itu dalam disatukan.

Banyak sekali alasan dibalik penggabungan itu. Buat perusahahaan startups atau perusahaan kecil, mereka akan memilih untuk merekrut seorang desainer dibanding keseluruhan tim. Dengan budget yang lebih kecil, mereka lebih mementingkan orang yang bisa mengerjakan kedua pekerjaan itu sekaligus.

Perusahaan yang besar kadang merekrut satu desainer juga karena mereka hanya mencari satu orang yang bisa membantu desainer UI dan UX yang sudah ada dalam keseharian pekerjaan mereka. Jadi kita perlu memahaminya dengan membaca deskripsi atau bertanya pada saat interview.

Bila kita memiliki spesialisasi di salah satunya dan memutuskan hanya akan menerima tawaran kerja yang spesifik, maka kita perlu teliti membaca dan tidak malu bertanya ke perusahaan yang merekrut. Kadang kala perusahaan hanya butuh orang yang memiliki pemahaman dasar akan user experience bukan kefasihan.

 

3. Deskripsi Pekerjaan UI Designer

Tugas UI Designer berbeda-beda tergantung kebutuhan perusahaan. Untuk perusahaan dengan tim ynag lebih kecil atau startup, seorang UI designer perlu memiliki tugas dan tanggung jawab yang bervariatif dari tugas UI Designer biasanya. Mereka kudu menggali informasi tentang user atau memahami prinsip User Experience secara mendalam.

Perusahaan yang lebih besar yang memiliki tim desain. Biasasanya tugas yang diberikan lebih spesifik dan kita hanya akan terfokus di user interface desain aja.

Selanjutnya kita akan membahas kemampuan-kemampuan yang dicari oleh perusahaan.

 

4. Deskripsi kerja UI Designer Junior

Bagi kita yang baru saja lulus atau minim pengalaman, UI Designer Junior adalah pekerjaan yang telat. Pekerjaan sebagai junior biasanya hanya membutuhkan pengalaman kerja 0-2 tahun dan sangat terfokus pada soft skills yang dimiliki. Perusahaan biasanya mencari tidak hanya orang-orang user desain dasar tetapi juga orang yang siap belajar dan kerja kotor.

 

Deskripsi kerja UI Desiner Junior:

  • Memahami desain dan aplikasi mobile
  • Memiliki pengetahuan tentang desain yang responsif dan prinsip Grid
  • Mengerti Typografi, laout dan visual desain
  • Memiliki pengetahuan akan beberapa aplikasi yang lazim digunakan seperti Photoshop, Illustrator, InDesign, Sketch atau aplikasi yang sering digunakan perusahaan tersebut.
  • Memiliki pengetahuan untuk membuat Sitemaps, Wireframes, Protoypes, Layouts dan user flows.
  • Detail
  • Proaktif dan bisa bekerja sendiri
  • Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan mau bekerjasama
  • Bisa mengatur waktu dengan baik dan prioritas pekerjaan
  • Mau belajar
  • Mengerti HTML, JavaScript dan CSS
  • Bisa membuat prototype

 

5. Deskripsi kerja UI Designer

UI Designer yang satu ini bukan lagi junior pastinya. Biasanya mereka adalah desainer yang sudah memiliki pengalaman 3-6 tahun.

Kita diharapkan bisa menjadi contoh untuk para junior. Kita bisa kerjasama dengan programmer, product manager, copywriters dan desainer-desainer lainnya. Selain itu kita perlu bisa mengerjakan tugas dalam tenggat waktu dan budget yang telah ditentukan dan berani membuat dan membela keputusan desain kita.

Tugas dan tanggung jawab:

  • Mengembangkan komponen user interface dan cara penggunaan sebuah gaya tertentu untuk digunakan di seluruh bagian perusahaan
  • Bisa dengan efektif menyampikan desain ke para developer dan orang-orang berkaitan
  • Mengetahui kebutuhan bisnis
  • Memahami pemasaran dan produk
  • Mempelajari industri, mengembangkan diri dengan UI desain terbaru, mengetahui desain kompetitor dan teknologi terbaru.
  • Menyediakan internal training
  • Mengadakan, mengobservasi dan analisa hasil testing UI
  • Membuat arsitektur yang intuitif dan konsisten
  • Mendukung tim QA untuk memastikan semua fitur berjalan dengan semestrinya

Kemampuan yang dicari:

  • Memiliki kemampuan untuk berinovasi dan mengembangkan solusi kreatif untuk segala masalah user interaction
  • mampu presentasi
  • mengetahui cara menggunakan HTML5, CSS3 dan berbagai framework Javascript

 

6. Deskripsi kerja UI Designer Senior

Seseorang perlu memiliki pengalaman bekerja 5-6 tahun sebagai UI Designer baru bisa dianggap senior. Apa bedanya senior dengan yang bukan? Seorang UI Designer senior diharapkan bisa memimpin dan mengawasi strategi pengembangan UI. Kita akan memiliki tim desainer. Kita bertugas untuk melatih dan mementor. Kita juga perlu membuat sebuah cara berpikir tertentu akan desain yang sesuai dengan perusahaan.

UI Designer Senior akan banyak terlibat dalam proses berpikir strategi dan analisa. Jadi kita perlu terbiasa dengan berbagai data sebelum menerima tawaran tersebut.

Tugas dan tanggung UI Designer Senior:

  • Membuat libraries dan sistem design untuk dipergunakan sewaktu-waktu untuk keperluan branding
  • Memperhatikan semua proses pengembangan dan penyelesaian UI
  • Mengatur, melatih dan membantu UI designer junior
  • Bekerja dengan tim analisa digital ntuk melihat impact perubahan desain dan penggunaannya
  • Mempelajari user, interview, survey pengguna, membuat wireframe dan protoype

Kemampuan yang dicari:

  1. Kemampuan untuk memimpin dan mengarahkan desain
  2. Memahami prinsip dan teknik UI design
  3. Jago mengatur tim
  4. Memiliki pengetahuan yang tinggi akan desain yang responsive dan mobile UI
  5. Mengerti HTML5/XHTML, CSS3 dan JavaScript
  6. Kemampuan untuk berkarya di tempat yang gaya kerjanya cepat dengan supervisi sesedikit mungkin
  7. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas secara tertulis dan kata-kata. Dia bisa presentasi ke management dan orang banyak
  8. Memiliki kemampuan mentoring yang sudah terbukti

 

Sekian pengertian user interface dan penjelasan tentang lowongan kerja UI Design dari iBiG Academy. Semoga informasinya bermanfaat.

Bagi remaja atau orang dewasa yang ingin belajar desain web yang mumpuni, iBiG Academy membuka kelas web design. Buat anak-anak, kita menyediakan kelas kursus coding anak di mana anak-anak akan banyak bergaul dengan Javascript, HTML dan lain-lain. Hubungi kami yuk di hello@ibigacademy.com

Posted in: Coding Anak

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. Tips Mendapatkan pekerjaan sebagai User Experience Design - iBig Academy - 25 Januari 2019

    […] berjalanan beriringan. UX Designer memikirkan sisi fungsionalitas sebuah situs atau aplikasi. UI Designer membuat tampilan situs dan aplikasi menarik perhatian untuk digunakan. Kerjasama keduanya […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us