Search

+
user-experience-adalah
Tips Mendapatkan pekerjaan sebagai User Experience Design

User experience adalah sebuah kemampuan yang dipraktekkan dalam pembuatan website atau aplikasi baik di komputer maupun dan laptop, dan menghasilkan kenyamanan pemakaian oleh pengguna.

Dalam menghasilkan user experience, seorang desainer harus memposisikan diri sebagai user dalam keseharian mereka. Baik pola berpikir, cara melakukan suatu tugas dan sebagainya. Target user experience designer adalah user betah menggunakan produk dia dan mendapatkan hasil yang diinginkan customer.

Pekerjaan UX designer dan UI designer berjalanan beriringan. UX Designer memikirkan sisi fungsionalitas sebuah situs atau aplikasi. UI Designer membuat tampilan situs dan aplikasi menarik perhatian untuk digunakan. Kerjasama keduanya menghasilkan situs yang user friendly.

Nah, sekarang kita sudah mengerti apa itu user experience designer. Yuk kita bahas tips mendapatkan pekerjaannya.

 

1. Tugas UX Designer berrbeda-beda tergantung perusahaannya

Pada saat mencari pekerjaan sebagai UX designer, kita perlu menyadari kalau tugas kita bisa berbeda-beda tergantung perusahaannya.

Salah satu alasan perbedaan itu adalah banyak pemilik perusahaan tidak mengerti hal apa yang dia butuhkan dari seorang UX Designer. Mereka hanya tahu UX Designer itu penting dan mereka rela berinvestasi tanpa mengetahui tugas-tugasnya. Makanya mereka hanya memasukan kerjaan UX berdasarkan hasil pencarian di internet.

Alasan lainnya adalah ukuran perusahaan. Perusahaan yang lebih kecil atau starts up biasa mencari UX Designer yang bisa melakukan UI sekaligus.Berbeda dengan perusahaan besar yang biasanya sudah memiliki tim UX seperti UX researchers, information architects, UX Strategist dan seterusnya.

 

2. Detail deskripsi pekerjaan UX Designer

Tugas dan tanggung jawab UX Designer adalah sebagai berikut:

  • Merencanakan dan mengadakan pencarian informasi tentang user dan analisis kompetitor
  • Interpretasi data yang dibutuhkan dan memberikan feedback yang masuk akal
  • Membuat user stories, persona dan storyboards
  • Memutuskan information architecture dan membuat sitemaps
  • Membuat prototype dan wireframes
  • Melakukan testing

Kemampuan yang banyak dicari:

  • Gampang beradaptasi
  • Bisa berkomunikasi, berkolaborasi dan bekerjasama
  • Mampu memecahkan masalah
  • Memikirkan desain
  • Memposisikan diri sebagai pengguna
  • Memperhatikan detail
  • Kreatif dan mampu beranalisa dengan baik
  • Memahami prinsip desain
  • Bisa menggunakan berbagai aplikasi seperti Sketch, Adobe InDesign, Illustrator, Zeplin atau aplikasi yang sering digunakan perusahaan
  • Memahami bisnis dan bisa menerjemahkan gol dan objektif perusahaan menjadi pengalaman digital pengguna

 

3. Spesialis UX Designer

UX Designer juga memiliki spesialisasinya sendiri. Posisi-posisi ini lebih banyak ditawarkan oleh perusahaan yang lebih besar dan sudah memiliki tim UX nya sendiri. Beberapa spesialisasi ini adalah:

User Experience Researcher

User Experience Researcher mencari tahu tentang fase dalam melakukan desain. Mereka memahami kebiasaan manusia dan mereka bertugas mencari tahu kebutuhan pengguna dan motivasinya. Mereka menggunakan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan berbagai jenis teknik. Metode mereka selalu berkaitan dengan observasi, memahami dan menganalisa

 

Information Architect

Information Architects memahami tentang berbagai ilmu pengetahuan dan kognitif. Mereka memperhatikan konten dan informasi organisasi di setiap product digital perusahaan dan memastikan penggunaannya untuk memberi pengalaman pengguna yang positif.

Mereka juga memastikan setiap halaman di tampilan terstruktur sedemikian rupa sehingga pengguna bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Information architects juga bertanggung jawab atas navigasi sebuah situs dan membuatnya masuk akal.

 

UX Copywriter

UX Copywriter adalah sebuah perkerjaan yang baru dimasukkan ke dalam tim UX Design. Mereka menyadari kalau tulisan sangat mempengaruhi pengalaman user dan saat ini banyak orang mencari UX Copywriter.

Sebagai seorang UX Copywriter, mereka bertanggung jawab untuk membuat semua jenia teks yang akan ditemui oleh user ketika berinteraksi dengan produk. Kita perlu menyadari UX copywriters berbeda dengan copywriter biasanya. Mereka tidak terfokus untuk memasarkan namun membuat kata-kata yang nyaman dibaca untuk mengarahkan pengguna.

 

4. Bagaimana perusahaan membandingkan UX Designers junior dan senior?

Level senioritas di UX Design sangat bergantung dengan pengalaman bekerja di bidang ini. Tidak ada perbedaan dalam kerjaan. Para pemberi kerja lebih mementingkan kecocokan dengan lingkungan kerja dan soft skills.

Buat kita yang baru saja lulus atau minim pengalaman, kita hanya perlu terfokus untuk mendapatkan pengalaman bekerja dan siap diajar. Karena UX designer senior akan mengajarkan dan membantu perkembangan kemampuanmu. Seseorang dianggap junior jika dia memiliki pengalaman kurang dari 3 tahun.

Jika kita sering melakukan UX dan bisa membuat keputusan yang baik terkait UX itu sendiri maka kita bisa diberi level supervisor. Tetapi kalau kita sudah ahli dalam membuat strategi, maka pihak pemberi kerja bisa menunjuk kita sebagai leader. Biasanya level senior adalah orang-orang yang memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun.

 

5. Apa yang perlu kita persiapkan sebelum memulainya pencarian kerjaan?

Buat kita yang baru di dunia UX design, deskripsi pekerjaan ini bisa sangat bervariasi, tidak konsisten dan membingunkan. Namun kita bisa menyederhanakan pekerjaan dengan membuat gol-gol. Misalkan, lingkugan kerja yang kamu inginkan. Apakah kamu ingin menjadi spesialis atau hanya UX Designer pada umumnya. Kalau belum jelas, kamu bisa menjalankannya saja terlebih dahulu.

 

User Experience adalah dunia yang sangat menarik untuk dipelajari dan bekerja di dalamnya bukan. Kami berharap kami semua mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

Dikarenakan pekerjaan UX design juga terlibat langsung dengan developer atau programmer, kita perlu memahami pola berpikir mereka. Tidak ada salah untuk memperlengkapi diri untuk mengikuti kursus web design atau kursus coding. Silahkan menghubungi 0812-1177-8838 untuk free trials.

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us