Search

+
Tips Mengembangkan Otak Anak sejak Usia 6 tahun
Tips Mengembangkan Otak Anak sejak Usia 6 tahun

Orang tua pastilah ingin anak sukses di masa mendatang. Pertanyaannya adalah bagaimana mencapai tujuan tersebut?

Area otak yang berbeda bertanggung jawab untuk kemampuan yang berbeda pula. Sebagai contoh gerakan, bahasa, dan emosi, tentunya semua  berkembang sesuai dengan kecepatan masing-masing. Kendati demikian, satu hal yang pasti, usia muda adalah kesempatan terbaik untuk otak anak berkembang supaya mampu menjadi orang dewasa yang sehat, mampu, dan sukses.

Kapan perkembangan otak anak dimulai?

90% otak anak berkembang di usia 5 tahun

Rata-rata ukuran bayi saat lahir adalah dua pertiganya ukuran otak orang dewasa. Bagian yang luar biasa adalah, otak ini akan terus berkembang hingga dua kali lipat pada tahun pertama. Perkembangan otak terus berlanjut hingga delapan puluh persen ukuran otak orang dewasa pada usia 3 tahun dan pada usia balita (5 tahun) ukurannya akan sama persis dengan orang dewasa. 

Kunci Sukses: Sadari Cedas Itu Relatif

Ada anggapan bahwa anak yang terlahir dengan otak berkualitas tinggi yang biasa diukur dengan IQ (Intellectual quotient) akan lebih baik dalam menjalani hidupnya. Padahal, lahir dengan IQ saja tidak cukup. Kenapa?

IQ adalah alat mengukur kecerdasan, namun cerdas sendiri sangat relatif. Seseorang yang cerdas membuat desain animasi belum tentu cerdas dalam melakukan koding sistematis. Begitu pula sebaliknya. Lantas, bagaimana dengan anak yang masih berusia 5 tahun? Bagaimana orang tua tahu kecerdasan anak dimana? 

Tahukah ayah bunda, ada yang namanya otak kanan dan kiri. Kedua belah otak ini bagaikan kubu divisi perkantoran, tanggung jawabnya juga berbeda. Satu sisi bertanggung jawab untuk kreativitas, sisi yang lain bertanggung jawab untuk logika matematis. Otomatis, anak yang dominan otak kanan akan cenderung pintar berimajinasi dibanding anak yang dominan otak kiri.

Sebelum mendorong anak untuk mengembangkan potensi berdasarkan dominasi sisi otak, ayah bunda sebaiknya coba trik untuk mengetahui apakah anak dominan otak kanan atau kiri.

Anak sudah diatas 5 tahun apakah sudah terlambat

Pensil yang terus diasah akan semakin tajam. Pensil yang dibiarkan begitu saja bisa saja kalah dengan pensil yang awalnya tumpul namun terus diasah menjadi tajam. Begitu pula dengan otak. Memang, Sangat penting bagi ayah bunda untuk memperhatikan perkembangan otak dan mengambil setiap kesempatan yang ada untuk mempertajam kualitas otak tersebut sejak dini. Tapi, apakah sudah terlambat bila si kecil berusia di atas 5 tahun?

Sebetulnya tidak. Walaupun masa balita sudah lewat dan anak sudah menginjak usia diatas 5 tahun, selalu ada kesempatan untuk mengembangkan otaknya. Ada beragam metode yang ayah bunda bisa coba untuk memastikan otak anak selalu berkembang dengan baik. Ini beberapa cara yang ayah bunda bisa coba tergantung usia:

 

  • Anak 6 tahun sampai 8 tahun

 

Anak berusia 6 sampai 8 tahun mampu mengontrol tindakan dan emosi mereka. Inilah kenapa permainan yang memiliki aturan, konsep menang kalah, dan kejujuran bisa dipahami dengan baik.

Terlepas dari dominasi otak, ayah bunda harus benar-benar memperhatikan karakter yang akan dibangun pada rentang usia 6 sampai 8 tahun. Cobalah mencari dan mendorong anak pada aktivitas sesuai bakatnya dan usahakan untuk mendorong kepercayaan dirinya dengan meyakinkan kegagalan bukanlah masalah.

Kedua, biarkan anak untuk eksplorasi. Jawab pertanyaan anak meski terdengar konyol di telinga. Jangan pernah sekalipun mengatakan, “masa’ begitu saja tidak tahu”. Hal ini termasuk mendorong anak untuk bermain aktif yang bisa memancing rasa ingin tahu. Bukan berarti memaksa anak bermain di luar rumah terus ya, karena bermain dalam rumah sama baiknya, selama si kecil menikmati.

  • Anak 9 tahun sampai 10 tahun
    Tantangan dan rasa independent adalah 2 hal yang dapat stimulasi otak anak untuk berkembang sesuai kecerdasannya. Sifat naluriah anak usia 9 tahun sampai 10 tahun yang mulai merasa ingin mandiri dapat ayah bunda manfaatkan untuk mengembangkan kemampuan otak anak secara maksimal.

    Kunci anak 9 tahun sampai 10 tahun adalah mengarahkan dirinya pada aktivitas yang tepat. Ingat, anak usia 9 sampai 10 tahun belum mampu membuat keputusan sendiri, mereka tahu mereka punya hak, namun belum mampu menggunakan hak mereka secara maksimal. Demi antisipasi perkembangan otak anak pada usia ini tidak sia-sia arahkan anak pada komunitas atau aktivitas yang bermanfaat.

    Misalkan saja, ajak anak untuk rajin membaca atau mengikuti kursus yang mampu mengasah otak anak. Kursus koding dan animasi bisa menjadi pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan anak akan mendapat tantangan yang mereka butuhkan dan belajar koding dan animasi merupakan olahraga otak yang baik untuk kedua belah sisi otaknya.

    iBiG Academy merupakan tempat kursus yang menyediakan fasilitas belajar koding yang menstimulasi setiap bagian otak dan terasa seperti bermain. Sehingga anak tetap merasa senang dalam bermain namun di saat bersamaan otaknya dapat terus terasah. Selain itu, interaksi saat belajar, entah bersama teman atau instruktor akan meningkatkan kemampuan sosialnya.

  • Anak usia diatas 10 tahun
    Anak usia diatas 10 tahun lebih kompleks namun lebih fokus dibanding usai yang lain. Artinya, otak anak mulai menentukan informasi dan keahlian seperti apa yang harus dipertahankan dan mana yang harus dibuang. Inilah kenapa, setelah berulang tahun yang ke sepuluh, anak cenderung memilih satu atau dua aktivitas saja. 


Beri perhatian lebih pada keinginan anak dan bakatnya. Bila memang anak belum tahu keahlian seperti apa yang akan mereka kembangkan, bantu arahkan namun jangan memaksa. Selama anak tetap mencoba mencari apa yang mereka inginkan dalam hidup, selalu dukung. Kuncinya, anak jangan sampai diam di rumah dan tidak mengembangkan kemampuan apapun. 

Mulai Sekarang!

Setelah mengetahui informasi mengenai perkembangan otak anak, kini saatnya ayah bunda praktek. Tentunya, praktek yang dilakukan sesuai dengan usia anak, kemampuannya, dan dominasi otak buah hati Anda. Tidak pernah ada kata terlambat, mulai sekarang untuk membantu anak mencapai masa depan yang cerah. 

Posted in: Coding Anak

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan