Search

+
Tips Menggunakan Hashtag di Setiap Jejaring Media Sosial

Mungkin tidak terlalu berlebihan untuk berasumsi bahwa kebanyakan orang akrab dengan ide dasar hashtag. Tetapi mengetahui suatu konsep tentu saja tidak sama dengan memahaminya. Karena itu, penting untuk meluruskan tentang cara menggunakan tagar dengan benar, masing-masing dari platform dimana mereka digunakan.

Dari sudut pandang pengguna, tagar digunakan untuk mengategorikan konten, membuat penemuan artikel dan wawasan baru mudah dilakukan. Oleh karena itu, ketika tagar digunakan secara tidak benar, orang yang mencari konten harus menggali melalui konten yang tidak relevan dan salah dikategorikan untuk mendapatkan apa yang sebenarnya mereka cari. Anda tidak ingin pengalaman pengguna yang buruk ini dikaitkan dengan merek Anda, bukan?

Selain kategorisasi, ketika digunakan secara tidak tepat, tagar dapat berdampak negatif pada keterlibatan Anda.

Misalnya, TrackMaven menemukan bahwa Tweet menggunakan lebih dari dua tagar melihat penurunan yang signifikan keterlibatan yang. Hasilnya mirip untuk tagar Facebook.

Namun, di Instagram, ceritanya sedikit berbeda. Semakin banyak tagar yang Anda gunakan, semakin banyak keterlibatan yang Anda lihat. Namun, setelah sekitar 10 tagar, Anda berisiko kehilangan beberapa pertunangan itu.

Tak perlu dikatakan, tagar jauh lebih bermanfaat ketika Anda tahu apa yang Anda lakukan. Tapi sebelum masuk dan keluar tentang cara menggunakan tagar, berikut adalah sejarah singkat dari awal tagar mereka:

Apa itu hashtag?

Mari kita mulai dengan definisi sederhana:

“Hashtag merupakan sebuah kata atau frasa yang diawali dengan tanda pagar (#), digunakan dalam pesan untuk mengidentifikasi kata kunci atau topik yang diminati dan memfasilitasi pencarian untuk itu”

Setiap kali pengguna menambahkan tagar ke posting mereka, itu dapat diindeks oleh jejaring sosial dan menjadi dapat dicari / ditemukan oleh pengguna lain. Setelah seseorang mengklik tagar itu, mereka akan dibawa ke halaman yang mengumpulkan semua posting dengan tagar yang sama, secara real-time.

Meskipun setiap jaringan memiliki caranya sendiri untuk menampilkan posting di bawah tagar tertentu, dan algoritma mereka sendiri untuk menentukan konten yang sedang tren, aturan ini cenderung berlaku secara umum di setiap saluran sosial.

Dasar-dasar Hashtag

Berikut adalah beberapa aturan cepat tentang cara menggunakan tagar:

  • Jika Anda menggunakan tagar untuk tujuan yang dimaksud (kategorisasi dan penemuan), jangan gunakan kata yang terlalu panjang.
  • Pada sebagian besar jaringan, jika Anda menggunakan tagar yang umum, siapa pun yang melakukan pencarian tagar itu dapat menemukan pos Anda.
  • Jangan #spam #dengan #hashtags. Hindari memberi tag berlebihan pada satu posting atau menambahkannya ke setiap kata.
  • Tweet dengan tagar memiliki keterlibatan 2 kali lebih banyak daripada yang tanpa tagar, dan 55% lebih banyak retweet.
  • Gunakan tagar hanya pada Tweet yang relevan dengan topik. Mencoba mendapatkan perhatian dengan menggunakan ketidakcocokan antara konten Tweet Anda dan penggunaan tagar tidak akan membantu Anda. Terkesan “memaksakan”.

Cara Menjalankan Penelitian Hashtag

Seperti halnya memasukkan kata kunci ke dalam konten untuk meningkatkan peringkat mesin pencari, seorang pemasar media sosial harus melakukan penelitian hashtag untuk mengoptimalkan konten mereka untuk audiens yang paling relevan.

Karena popularitas tagar di media sosial, ada sejumlah alat yang dapat Anda gunakan untuk membantu dalam pencarian:

  • RiteTag adalah alat pencarian hashtag yang kuat yang dapat Anda gunakan untuk Facebook dan Twitter. Ini memberikan data terbaru tentang bagaimana kinerja tagar Anda.
  • Sprout Social memiliki alat analisis tagar yang menemukan tagar Anda yang paling menarik dan relevan di sekitar merek Anda. Selain itu, alat kami dapat digunakan sebagai pencari hashtag di seluruh jaringan.

Selain alat yang bermanfaat ini, ada strategi sederhana berteknologi rendah untuk menemukan tagar. Lihat melalui akun yang serupa atau akun saingan Anda. Lihat tagar apa yang mereka gunakan dan klik untuk melihat bagaimana akun lain menggunakan tagar tersebut. Ini adalah cara mudah untuk menemukan harta karun tersembunyi yang mungkin tidak muncul pada penelusuran melalui tools di atas.

Hashtag untuk Setiap Platform Sosial Tertentu

Sebagian besar jejaring sosial mulai menggunakan tagar setelah pertama kali user Twitter menggunakannya. Ingat, setiap jejaring sosial menggunakannya secara berbeda. Aturan-aturan ini dapat membantu Anda tetap berhubungan terhadap platform yang Anda gunakan untuk strategi media sosial perusahaan Anda. Nah, ini dia tips menggunakan hashtag untuk masing-masing media sosial.

Cara Menggunakan Hashtag Twitter

Di Twitter, tagar digunakan untuk menemukan percakapan. Selama profil Anda bersifat publik, orang dapat menemukan pos di mana Anda menggunakan tagar tersebut.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, Tweet dengan satu tagar menghasilkan keterlibatan paling banyak. Tetapi interaksi akan turun ketika Anda menggunakan lebih dari dua tagar. Ini mungkin karena orang menganggap terlalu banyak tagar menunjukkan permainan curang oleh bot atau keputus asaan ingin manjadi trend.

Cara Menggunakan Hashtag Instagram

Hashtag di Instagram menggabungkan semua foto dengan tagar yang sama ke dalam satu postingan. Tujuan dari hashtag instagram berkisar pada menemukan konten dan menemukan sebuah akun untuk difollow. Hashtag membawa Anda ke audiens yang lebih besar. Satu studi menemukan bahwa posting dengan setidaknya satu tagar memiliki keterlibatan 12,6% lebih banyak daripada yang tanpa tagar.

Anda dapat menemukan tagar dengan mencari istilah tertentu atau mengkliknya dalam sebuah posting. Ketika Anda mendarat di halaman tagar, Anda akan melihat semua foto dengan tagar yang sama dan bahkan melihat beberapa tagar terkait yang dapat Anda gunakan. Mulailah mengetik tagar dengan simbol “#”, dan Instagram akan memberi Anda saran berdasarkan popularitas.

Ada beberapa penelitian tentang jumlah tagar yang optimal untuk digunakan di Instagram. Karena hasilnya cenderung bervariasi, tidak ada angka yang disepakati secara universal. diingat bahwa Instagram membatasi tagar hingga 30 per teks atau komentar.

Cara Menggunakan Hashtag Facebook

Tidak seperti Twitter atau Instagram di mana sebagian besar profil pengguna bersifat publik, pengguna Facebook memiliki profil pribadi. Jadi, tagar yang digunakan kebanyakan orang pada pos mereka tidak dapat ditemukan oleh public. Alhasil itu terbatas pada orang yang mereka kenal.

Banyak meme yang beredar mengenai tagar di Facebook. Sepertinya Anda tidak perlu perlu banget menggunakan tagar di FB.

Cara Menggunakan Hashtag YouTube

Hashtag Penggunaan Hashtag di YouTube paling umum di bagian komentar. Pengguna dapat meninggalkan komentar dengan tagar, yang kemudian akan mengklik ke halaman dengan video yang berisi tagar dalam judul mereka. Namun, mungkin lebih penting untuk menerapkan strategi kata kunci karena tagar belum diadopsi secara luas oleh pengguna.

Meskipun setiap jaringan memiliki aturan dan pedoman mereka sendiri, memahami dasar-dasar cara menggunakan tagar adalah pemahaman yang penting untuk strategi media sosial Anda. Hashtags dapat membantu Anda berkomunikasi dengan pengikut, mendorong keterlibatan untuk konten Anda, dan menarik audiens baru ke merek Anda.

Apa Anda sudah menggunakan tagar dengan tepat? Ayo ikuti kelas media sosial untuk entrepreneur dan professional di iBiG Academy, BSD.

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us