Search

+
Tutorial Cara Edit Foto Facebook Tanpa Aplikasi
Tutorial Cara Edit Foto Facebook Tanpa Aplikasi

Facebook menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan. Mari kita refleksikan, apakah Anda sudah memiliki akun Facebook? Dan mengapa Anda mendaftar akun Facebook saat itu? Apa yang membuat Anda nyaman berlama-lama di Facebook?

Siapa kerabat terdekat Anda yang tidak memiliki Facebook? Menurut penelitian, pengguna Facebook paling banyak berada di rentan usia 18-34 tahun. 83% pengguna Facebook di seluruh dunia berusia di bawah 45 tahun dari ratusan juta pengguna aktif.

Saat pertumbuhan Facebook di Indonesia yang begitu pesat sejak 2008, mereka hadir dengan bentuk yang lebih user friendly. Gampang digunakan dan memiliki fitur-fitur yang tidak sama persis ada seperti di jejaring sosial kebanyakan pada eranya.

Seperti sebuah gebrakan baru pada masanya. Sesuai namanya, seperti buku. Kita bisa menulis status, menulis catatan, mengunggah foto dan video serta teman-teman bisa ikut berinteraksi menyukai atau berkomentar.

Tampilan Album fotonya juga seperti saat kita melihat album foto fisik, yang dikonversikan ke online. Oleh karena itulah, banyak orang yang gemar membagikan foto di Facebook sekedar untuk menyimpan foto atau membagikan ceritanya kepada teman-teman.

Nah, semakin kesini Facebook selalu memperbaharui fiturnya. Untuk memaksimalkan foto yang Anda unggah tampil menawan, Anda tidak perlu repot-repot membuka aplikasi pihak ketiga untuk mengedit foto. Cukup edit langsung dari Facebook beres. Berikut ini adalah cara mengedit foto Facebook:

Cara edit foto facebook
  1. Langkah awal, login ke akun Facebook Anda.
  2. Kemudian setelah anda berhasil login dan sudah berada pada beranda Facebook Anda, klik ke bagian menulis status.
    cara edit foto langusng di facebook 1

    Sumber: Facebook.com

  3. Klik tambahkan foto anda  yang tersimpan di komputer atau yang sudah menjadi koleksi foto akun Facebook Anda.
    cara edit foto langusng di facebook 2

    Sumber: Facebook.com

  4. Setelah proses pengambilan foto atau gambar sudah selesai maka arahkan kursor atau mouse anda ke foto yang akan anda upload.
    cara edit foto langusng di facebook 3

    Sumber: Facebook.com

  5. Akan terlihat tulisan sunting foto maka klik tulisan sunting foto untuk mengedit foto yang akan anda upload seperti gambar tampilan di bawah ini.
    cara edit foto langusng di facebook 4

    Sumber: Facebook.com

Nah, di samping foto tersebut Anda akan disajikan alat-alat untuk mengedit, sesuai urutannya ada filter, tandai orang (tags), potong (crop), teks, teks alternatif, dan yang terbaru sticker.

 Menambahkan filter

Pada gambar tampilan filter, Anda bisa mengatur suasana atau tone yang akan anda pakai agar foto yang akan anda terlihat seperti musim yang anda inginkan. Sekaligus cara ini bisa membuat foto anda terlihat terang.

 Menandai Teman

Jika Anda klik di bagian tandai atau tags, biasanya Facebook secara otomatis bisa membaca wajah Anda, sehingga akan ada tampilan orang di foto tersebut untuk memudahkan Anda menandainya.

Kalau Anda sudah sering menandai orang tersebut, bisa jadi Facebook sudah mengetahuinya dan sudah otomatis muncul namanya pula.

 Memotong foto

Kemudian, Anda juga bisa menyesuaikan ukuran foto atau memotong bagian foto yang diinginkan dengan mudah.

 Menambahkan teks

Setelahnya, Anda bisa membubuhkan teks pada foto dengan memencet tombol “Teks” di bagian bawah “potong”.

Untuk menambahkan teks pada bagian atas foto, klik , lalu klik .
  • Klik dan seret kotak teks untuk memindahkannya
  • Klik  untuk memutar dan mengukur ulang teks
  • Klik X di bagian kiri atas teks untuk menghapusnya dari foto Anda.
Alt Teks Alternatif

Khusus untuk teks alternativ, bisa Anda tambahan dan teks ini akan muncul untuk pada pengguna khusus yang memiliki keterbatasan penglihatan dan lain sebagainya. Anda bisa mendeskripsikan sedikit tentang isi foto. Misalnya, di foto tersebut ada “2 orang” dan “orang tersenyum”.

 Menambahkan stiker

Terakhir, baru-baru ini Anda bisa menambahkan sticker lucu yang bisa meluapkan emosi atau perasaan Anda. Pastikan foto Anda menjadi lebih seru atau aesthetic ya. Jangan gunakan berlebihan.

Kemudian klik simpan dan anda akan di bawa kembali untuk mengupload foto yang sudah anda edit seperti gambar tampilan di atas. Lalu, tinggal klik “bagikan” deh. Jika Anda bingung untuk menuliskan caption yang menarik, Anda bisa cek artikel mengenai tips membuat caption Facebook biar dapat Likes banyak dan rahasia membuat konten yang menarik.

Itu dia cara edit foto Facebook tanpa Aplikasi lain. Jika Anda tertarik dengan tips dan trik media sosial dan digital marketing. Pantengin akun Instagram @ibigacademy dan tontonin akun YouTube iBiG Academy. Jangan lupa di follow dan subsscribe biar gak ketinggalan informasi lainnya.

Bergabunglah dengan iBiG Academy Community untuk mengupdate ilmu mengenai bisnis online. Bangun bisnis Anda secara mandiri dengan menggali ilmu bersama komunitas.

Posted in: #DoBig

Comments (No Responses )

No comments yet.

Tinggalkan Balasan