Search

+
pekerjaan-desain-grafis
Yuk mengintip keseharian Pekerjaan Desain Grafis

Hi Parents,

Sebagai orang tua, tentu kita perlu tahu keseharian pekerjaan desain grafis. Apalagi desain grafis zaman now lebih memilih bekerja di rumah dibanding di kantor. Nah, biar orang tua tidak bingung dan melihat anaknya seperti pengangguran, cari tahu di sini keseharian desainer grafis.

Pekerjaan desain grafis saat ini sedang trend banget loh. Berbagai bisnis dari besar maupun kecil membutuhkan jasanya. Sekalipun kompetisi cukup berat, namun bila menemukan jejaring yang bagus dan bekerja keras, seorang tenaga lepas desain grafis pun bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan. Jadi orang tua bisa merasa tenang kalau anak-anak menghabiskan banyak waktu untuk desain.

Kalau kita ingin menceritakan keseharian mereka. Kira-kira beginilah keseharian seorang desain grafis profesional.

 

Cara mereka memulai hari

Rata-rata desainer grafis memulai hari mereka dengan berangkat kerja. Mereka bekerja di perusahaan design, kantor atau studio. Bila mereka memilih menjadi tenaga lepas, mereka akan duduk di depan komputer langsung. Hal pertama yang mereka lakukan adalah mengecek email atau pesan dari klien atau teman kantornya.

Mereka juga akan login ke dalam sistem untuk mengecek to do list mereka untuk mengetahui apakah ada review atau perubahan dari pekerjaan mereka sebelumnya. Setelah itu mereka akan melihat jadwal tugas-tugas dan memilih proyek dengan prioritas tertinggi atau paling dekat dengan deadline.

Seorang desainer grafis baik yang bekerja di kantor ataupun rumah kudu memiliki manajemen waktu yang bagus. Mereka juga perlu mempelajarinya untuk menyadari apakah mereka butuh bantuan agar semua proyek bisa diselesaikan dengan baik.

 

Meeting dengan kolega atau klien

Meeting adalah bagian dari jadwal desainer grafis. Bila seorang karyawan kantor bisa mengaturnya sehingga meeting dibuat pertemuan mingguan, maka meeting tenaga lepas atau bisnis tidak bisa. Kadang mereka perlu membuat janji temu dengan kliennya atau kadang meeting para pengusaha dan tenaga lepas ini dilakukan lewat video call atau conference call.

Pada saat meeting, klien akan mengkomunikaskan kebutuhan, idea dan materi-materi yang mereka inginkan seperti logo, brosur dan lain sebagainya. Setelah itu pada pertemuan berikutnya desainer grafis akan memperlihatkan mock up nya dan meminta opini klien. Bila belum, maka gambar akan direvisi. Seorang desainer harus siap revisi berkali-kali.

Untuk desainer grafis freelance, mereka juga perlu menyiapkan quotation dan beberapa aturan yang jelas

 

Menyiapkan dan menangani proyek-proyek

Seorang desainer grafis bisa melakukan beberapa proyek sekaligus. Mereka bisa memulai dengan mengerjakan sketsa dari klien yang satu sembari menanti materi-materi untuk proyek yang berbeda. Mereka perlu koordinasi dengan profesional lainnya untuk menyediakan beberapa elemen yang berbeda untuk sebuah desain. Sebut saja; foto-foto, jenis tulisan dan perbahan content dan lain sebagainya.

Seorang desainer grafis biasanya perlu memilih dan mengatur layout, gambar, jenis tulisan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam desain. Mereka juga perlu mengabari klien tentang perkembangan dan penampakan produk terbaru. Setelah mereka berkomunikasi dengan klien dan koleganya, mereka bisa melanjutkan implementasi perubahan di desain mereka yang berikutnya.

 

Membuat desain

Tugas utama seorang desain grafis adalah membuat desain. Mereka bisa menggunakan beberapa aplikasi dari Adobe Creative Suite seperti PhotoShop, Illustrator, InDesign dan lain-lain. Program-program ini terus menerus berkembang sehingga memungkin para desainer menghasilkan gambar-gambar yang mumpuni untuk situs, logo, banner dan seterusnya.

Buat para pemula yang baru dengan budget terbatas, mereka bisa menggunakan aplikasi-aplikasi desain grafis online yang mumpuni. Bahkan developer menawarkan menggunakan aplikasi secara gratis jadi kita gak perlu berbayar. Jadi kebebasan berkarya tidak lagi dibatasi oleh budget.

Kalau anak-anak ini berkesempatan memasuki jenjang kuliah di desain grafis dan animasi, mereka bisa mempelajari aplikasi-aplikasi Adobe Creative ini lebih awal sebelum memasuki dunia kerja.

Seorang desainer banyak menghabiskan waktu di depan komputer sambil duduk. Agar kesehatan bisa terjaga maka mereka bisa bolak balik duduk dan berdiri sambil bekerja.

 

Mengakhiri proyek atau hari

Setiap pekerjaan yang sudah diselesaikan, desainer akan mengirimkan email atau membagi filenya agar bisa direview oleh klien atau atasan seperti art director. Seorang desainer pasti akan mengalami revisi dan bisa terjadi hingga berkali-kali sebelum akhirnya disetujui dan difinalisasi.

Bila seorang desain grafis telah disetujui maka desain tersebut akan dipublikasi secara online dengan hanya klik beberapa tombol saja. Versi cetak biasa memakan waktu lebih panjang. Mereka harus menciptakan versi siap cetak dan koordinasi degan printer agar semua spesifikasi berjalan dengan benar sebelum tercetak dan disebar.

Setelah semua kegiatan ini selesai, seorang desainer grafis perlu melakukan backup pekerjaannya. Selain itu mereka tidak boleh lupa untuk mengatur kerjaan-kerjaan yang perlu diselesaikan besok. Segala sesuatu perlu diorganisir sehingga tidak ada tugas yang terlewatkan karena beberapa proyek yang dipegang dan permintaan yang super banyak.

 

Jadi begitulah keseharian desain grafis yang perlu kita ketahui. Sebagai orang-orang yang berada di dekatnya, kita perlu memastikan mereka merawat diri mereka sendiri. Baik dengan menyediakan makanan yang sehat dan juga olahraga karena mereka cukup sering lembur apalagi di akhir tahun.

Anak-anak yang tertarik dengan pekerjaan desain grafis bisa dipersiapkan sejak dini dengan mengikutkan dia ke kursus belajar animasi di iBiG Academy daerah BSD.

Kursus animasi kita ini menggabungkan unsur coding ke dalam desain grafis sehingga cocok untuk anak-anak yang ingin membuat website, aplikasi ataupun games. Untuk lebih jelasnya, silahkan menghubungi whatapps kami di 0812-1177-8838 atau hello@ibigacademy.com

Posted in: Coding Anak

Comments (One Response )

Trackbacks/Pingbacks

  1. 10 Pertanyaan Yang Kurang Tepat Ke Desainer Grafis - iBig Academy - 18 Januari 2019

    […] Keseharian pekerjaan seorang desainer sangatlah berat. Sehebat-hebatnya kemampuan desain grafis seorang desainer, mereka juga menghadapi tantangan di dunia kerja. Salah satu tantangan yang sering mereka hadapi adalah masalah komunikasi. Baik antar desainer, departemen atau klien. […]

Tinggalkan Balasan

×

Hello!

Click contact kami dibawah ini untuk whatsapp atau anda bisa email kami ke hello@ibigacademy.com

× Contact us